PON 2024

NEWS

Festival dan Bazar PON XXI, Sajikan Hiburan dan Bangkitkan Ekonomi UMKM

Jumat, 6 September 2024 | 21:50 WIB

Perajin menyelesaikan pembuatan kotak tisu bertema PON XXI Aceh-Sumut di rumah Handycarf, Medan, Sumatera Utara. Dok. Info Publik

PON XXI - Medan - Menyambut gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024, Festival & Bazar terbesar akan digelar pada 7-15 September 2024 di beberapa lokasi, seperti halaman Gedung Serbaguna Pemprov Sumut, halaman Sport Centre Jalan Sena, dan Samosir. Acara ini tidak hanya menjadi ajang hiburan, tetapi juga momentum kebangkitan ekonomi melalui partisipasi aktif Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Tim Komunikasi dan Media PON XXI 2024 menyebutkan bahwa terdapat lebih dari 100 UMKM dari berbagai daerah siap memeriahkan festival ini dengan 141 stan yang menampilkan kuliner, produk kerajinan, hingga hiburan. Sebanyak 20 stan UMKM akan menghiasi halaman Sport Centre, sementara 7 stan lainnya akan hadir di Samosir, serta 15 stan khusus kabupaten yang turut memperlihatkan keragaman budaya Sumut.

Panitia festival menekankan pentingnya kolaborasi antara pelaku usaha, pemerintah, dan Bank Indonesia (BI) untuk memaksimalkan potensi UMKM. "Sebanyak 40 persen peserta lolos kurasi. Kami berharap setiap UMKM memanfaatkan kesempatan ini untuk memperkenalkan produk unggulan mereka di tingkat nasional," ujar Desma, perwakilan Dinas Koperasi Sumut.

Acara ini juga akan diramaikan oleh artis lokal yang tampil setiap hari di panggung utama. Pengunjung bisa menikmati berbagai permainan berhadiah yang tiketnya bisa didapatkan setelah melakukan pembelanjaan di stan, serta berkesempatan mendapatkan merchandise eksklusif PON XXI.

Untuk mempermudah transaksi, Bank Indonesia menyediakan sistem pembayaran non-tunai berbasis QRIS, yang akan diintegrasikan dengan pelaku usaha UMKM dalam waktu 2-5 hari kerja. Sistem ini diharapkan dapat mempercepat transaksi dan memberikan nilai tambah bagi pelaku usaha maupun konsumen.