PON 2024

NEWS

Atlet Balap Sepeda Bali Raup Dua Medali di Nomor XCO Putri

Jumat, 6 September 2024 | 21:27 WIB

Pembalap MTB Putri Bali Sayu Bella Sukma Dewi (1) berhasil mencapai garis finish pertama dan meraih medali emas dengan total waktu 01:15:44,808 detik. Sebanyak 15 pebalap MTB putri dari 11 propinsi berlaga di MTB Arena Tahura Bukit Barisan-Karo pada PON XXI Sumut 2024.(6/9/2024) PB PON XXI SUMUT/A. ENDRO RUSHARYANTO

PON XXI - KARO - Kontingen asal Provinsi Bali meraup dua medali pada cabor balap sepeda di nomor Cross Country Olympic (XCO) Putri pada PON XXI Aceh - Sumut 2024 yang dihelat di Tahura Bukit Barisan, Desa Tongkoh, Kec. Dolatrayat, Karo, Jumat (6/9/2024).

Pertandingan ini seyogianya diikuti sebanyak 16 orang peserta dari berbagai provinsi di Indonesia di antaranya, Bali, Sumatera Selatan, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Sumatera Utara, Jawa Barat, Lampung, Kalimantan Selatan, Aceh, Bangka Belitung, dan Sulawesi Selatan. Namun, kontingen asal Sulawesi Selatan tidak mengikuti lomba ini.

Lima provinsi mengirimkan dua orang perwakilan di nomor ini yakni, Bali, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, dan Aceh.

Atlet asal Bali, Sayu Bella Sukma Dewi sejak awal start begitu menunjukkan dominasinya. Ia langsung tancap gas dan meninggalkan para pesaingnya. Performa konsisten akhirnya membawa Sayu finish di urutan pertama usai menyelesaikan 5 lap (putaran). Dimana, per lap rute sepanjang 3.000 meter.

Sementara, tiga orang pebalap sejak awal terlibat persaingan dalam perebutan posisi kedua. Pebalap tuan rumah Sumatera Utara, Dara Latifah sempat berada di posisi kedua pada lap pertama. Namun, posisi tersebut kemudian disalip oleh pebalap asal Bali, Ida Ayu Manik Laksmi Dewi.

Persaingan sengit juga terjadi antara Dara dengan pebalap Sumatera Selatan, Sofi Intan Fajrianti. Lagi-lagi, Dara berhasil disalip oleh Sofi. Merasa kesulitan mengatasi tantangan medan rute yang berat, membuat Dara kembali disalip oleh pebalap DI Yogyakarta, Salma Amelia Putri.

Pebalap bernomor punggung 16 asal Sumatera Utara ini akhirnya hanya mampu bertengger di posisi keenam setelah ia lagi-lagi disalip oleh pebalap asal Jawa Timur, Elvia Tri Wulandari. Buruknya performa Dara Latifah diketahui setelah ia mengalami berbagai kendala dan sempat terjatuh.

Di hasil akhir pertandingan, pebalap Bali, Sayu Bella Sukma Dewi berhasil meraih posisi pertama dengan catatan waktu tercepat 1 jam 15 menit 44,808 detik. Atlet Bali, Ida Ayu Manik Laksmi Dewi berhak menempati posisi kedua dengan perolehan waktu 1 jam 26 menit 41,427 detik. Sementara, di posisi ketiga dikunci oleh atlet Sumatera Selatan, Sofi Intan Fajrianti dengan catatan waktu 1 jam 27 menit 20,470.

Seperti biasanya, menjelang upacara penyerahan penghargaan, sajian tarian adat tradisional Karo dan pertunjukan kesenian tradisional Karo gundala-gundala disuguhkan oleh Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga serta Kebudayaan (Disbudporapar) Kabupaten Karo.

Penghargaan medali emas kepada pemenang pertama diserahkan oleh Sekretaris Umum ISSI Sumut Bessi S Pane. Medali perak kepada pemenang kedua diserahkan oleh Kadisbudporapar Karo Munarta Ginting. Sementara, medali perak untuk pemenang ketiga diserahkan oleh Panitia Pengawas dan Pengarah PON XXI Aceh - Sumut 2024.

Diberitakan sebelumnya, Pelatih balap sepeda MTB PON XXI 2024 Provinsi Bali, I Ketut Suda Yasa meyakini, peluang timnya untuk meraih medali emas di sisa pertandingan di cabor ini, masih tetap terbuka. Peluang itu, kata dia, ada pada salah satu anak didiknya bernama Sayu Bella Sukma Dewi.

Ia mengungkap, Sayu Bella Sukma Dewi adalah pebalap Bali yang pernah meraih medali emas pada SEA Games 2023. Sayu juga meraih medali emas di Thailand Mountain Bike Cup 2024 serta medali perak pada nomor XCR di Kejuaraan Asian Mountain Bike Championship 2024. (PB PON XXI SUMUT/ Pardingotan)