PON 2024

NEWS

Tim Barongsai Tradisional Sumut Ungkapkan Kebahagiaan Usai Sumbang Emas

Jumat, 6 September 2024 | 21:21 WIB

Tim barongsai tradisional Sumut menabuh genderang dalam ajang PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Martil Art Arena, Sumut Sport Center, Deli Serdang pada Jumat (6/9/24). PB PON XXI SUMUT / WAHYUDI ATMAWAN

PON XXI - Tim Barongsai Tradisional Sumut Ungkapkan Kebahagiaan Usai Sumbang Emas

 

DELISERDANG - Tim barongsai kembali menambah perolehan emas untuk Sumatera Utara (Sumut). Perolehan emas berasal dari nomor pertandingan barongsai tradisional yang dipertandingkan di Gedung Martial Art Arena, Kawasan Sport Center Sumut, Batang Kuis, Deli Serdang, Jumat (6/9/2024).

 

Sumut membawakan nomor barongsai tradisional dengan judul ‘mengambil mutiara’ hingga memperoleh nilai 9,17. Perolehan tersebut disusul Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta dengan nilai 9,05 dan Jawa Timur dengan nilai 9,01.

 

Pelatih kontingen barongsai Sumut Candra Tio mengungkapkan kebahagiaannya saat timnya berhasil. Menurutnya anak didiknya tampil dengan memukau.

 

"Sangat bahagia dengan hasil emas yang banyak pada pertandingan barongsai ini," ucap Tio.

 

Dikatakannya, kemenangan yang diperoleh oleh timnya ini berkat mereka konsisten mengikuti alur cerita. "Kita mengikuti alur cerita, dan lebih semangat dalam pertandingan," pungkas Tio.

 

Sementara itu, salah seorang atlet asal Sumut yang meraih medali emas Chandra Salim mengatakan, mereka sempat dilatih oleh pelatih dari negara Malaysia. "Kami sempat dilatih pelatih dari Malaysia," ucapnya.

 

Menurut pria berumur 21 tahun ini, tampil sempurnanya mereka pada barongsai tradisional ini berkat belajar dari kesalahan. "Kita pernah kalah bertanding, jadi belajar dari kesalahan," sambungnya.

 

Hanya waktu 2 bulan berlatih, tim barongsai Sumatera Utara berhasil mengalahkan peserta lainnya. "Kami latihan dari bulan Juni, kita dipres habis dan dikarantina. Dan kami solid," tutupnya.

 

"Intinya, tidak boleh ragu-ragu," timpal Felix Pratama satu timnya kepada wartawan usai mendapatkan medali emas.

 

Sebagai informasi, dari cabor barongsai, Tim Sumut telah menyumbangkan sebanyak 4 emas dan satu perunggu. Adapun nomor pertandingan yang memperoleh emas diantaranya barongsai tradisional, naga kecepatan, halang rintang dan pekingsai taolu bebas. Sementara di nomor pertandingan pekingsai kecepatan Sumut berhasil meraih perunggu. (PB PON XXI SUMUT/Reza)