PON 2024

NEWS

Tim Balap Sepeda Jatim Sabet Medali Emas di PON XXI Aceh - Sumut 2024

Kamis, 5 September 2024 | 16:32 WIB

Pembalap putaran terakhir dari Jawa Timur Andrian Kurniawan (3C) memasuki garis finish setelah mengayuh pedal di lintasan MTB Tahura Bukit Barisan sejauh 3 Km pada kelas MTB - Cross Country Team Relay (XCR). Pada PON XXI kali ini team Jawa Timur menduduki posisi pertama denga total waktu tercepat 42.55.647 detik dan berhak mendapatkan medali emas. (5/9/2024) PB PON XXI SUMUT/A. ENDRO RUSHARYANTO.

KARO-Tim balap sepeda Jawa Timur (Jatim) berhasil menyabet medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh - Sumut 2024 yang digelar di MTB Arena Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Barisan, Desa Tongkoh, Kecamatan Dolatrayat, Karo, Kamis (5/9/2024).

Cabor balap sepeda gunung di kelas Cross Country Team Relay (XCR) ini diikuti sebanyak tujuh kontingen provinsi dari seluruh Indonesia. Ketujuh provinsi tersebut di antaranya, Jawa Timur, Jawa Barat, Bali, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan.

Lomba balap sepeda ini digelar secara estafet atau berkelompok oleh masing-masing tiga orang pebalap dari setiap provinsi. Total sebanyak 21 orang pebalap yang ikut pada cabor ini harus menyelesaikan tiga putaran (lap) sepanjang 3.000 meter.

Pertandingan ini tersaji dengan cukup dramatis. Pada lap pertama dan kedua,  pebalap Jatim sempat tertinggal dari pebalap Jawa Barat (Jabar). Bahkan, Jatim sempat tertinggal dari Jabar selama 50 detik sampai 1 menit pada lap ketiga. Namun, Jatim akhirnya mampu finish di lap ketiga dengan torehan waktu tercepat.

Medali emas berhasil dipersembahkan oleh tiga orang pebalap asal Jatim masing-masing Bima Jamaludin Abdul Jafarob (putra), Elvia Tri Wulandari (putri), dan Adrian Kurniawan (putra). Mereka menang dengan torehan waktu tercepat dengan total waktu 42 menit 55,647 detik.

Posisi kedua diraih oleh tim balap sepeda asal Jawa Barat (Jabar) dengan perolehan medali perak yang diraih tiga pebalap sepeda yakni, Muhamad Dankin (putra), Novia Dwi Sapitri (putri), dan Mohammad Rafly Fadillah (putra). Mereka finish dengan total waktu 44 menit 00,542 detik.

Sementara, di posisi ketiga diisi tim asal Bali dengan raihan medali perunggu dari tiga orang pebalap sepeda di antaranya, Dimas Tegar Bagaskara (putra), Ida Ayu Manik Laksmi Dewi (putri), dan Pande Made Jaya Sedana Putra (putra). Mereka menuntaskan lomba dengan total waktu 44 menit 33,260 detik.

Jelang Upacara Penyerahan Penghargaan (UPP) kepada para pemenang, Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata Kabupaten Karo menampilkan pertunjukan tarian adat tradisional Karo serta gundala-gundala.

Pasca pertunjukan tari, Kapolres Tanah Karo Eko Yulianto menyerahkan medali emas kepada tim Jawa Timur, medali perak diserahkan oleh Dandim 0205/TK, Ahmad Afriyan Rangkuti, dan medali perunggu diserahkan oleh Kepala UPT Tahura Bukit Barisan, Kamalluzzaman Nasution. (PB PON XXI SUMUT/Pardingotan)