PON 2024

NEWS

Gol Hattrick Muhamad Alfiana Dari Jawa Barat Bungkam Banten 3-0

Rabu, 4 September 2024 | 15:43 WIB

Gol Hattrick Muhamad Alfiana Dari Jawa Barat Bungkam Banten 3-0

PON XXI - Trigol Muhamad Alfiana Bawa Jabar Bungkam Banten

MEDAN - Match day ketiga cabang olahraga (cabor) hockey indoor putra Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut mempertemukan Jawa Barat (Jabar) versus Banten di Gedung Serbaguna Universitas Negeri Medan (Unimed), Rabu (4/9/2024). Jabar kembali menunjukkan kelasnya. Lewat permainan cepat dan presisi mereka mendominasi lapangan dan memaksa Banten menyerah 3-1.

Laga kuarter pertama berjalan dua menit. Jabar telah membuka keunggulan lewat Muhamad Alfiana. Memanfaatkan celah sempit secara jeli, Alfiana yang mengenakan nomor punggung 16 mampu melepaskan diri dari kawalan untuk melepaskan hit keras yang gagal diadang kiper Banten Asep Syihabudin.

Pascagol ini tensi pertandingan meningkat. Banten yang tidak ingin terpuruk berupaya keluar dari tekanan Jabar dengan meningkatkan intensitas serangan dari sektor sayap. Upaya ini baru berbuah hasil di kuarter kedua, persisnya di menit 11. Pemain Banten Julio Dwi Hartanto membuat skor jadi imbang 1-1.

Namun Jabar yang dilatih Irwan Hermawan yang juga merupakan pembesut Tim Nasional Hockey Indoor Putra Indonesia, tak menunjukkan kepanikan. Mereka tetap bermain sabar, tenang mengantisapasi serangan-serangan Banten yang menggebu. Melalui satu skema serangan balik cepat, Jabar kembali unggul di awal kuarter tiga. Lagi-lagi andil Muhamad Alfiana.

Situasi ini membuat Jabar mulai berada di atas angin. Tempo mereka kuasai, dan pelan-pelan makin dominan. Banten kembali berupaya keluar dari tekanan, tapi kali ini gagal. Jabar justru memperlebar marjin keunggulan. Muhammad Alfiana mencatatkan namanya sebagai pencetak trigol (hattrick).

Kapten Jabar, Revo Priliandro, usai laga mengatakan kemenangan ini membuat mereka kian optimistis untuk memenuhi target meraih medali emas.

“Banten bermain cukup bagus dan sempat merepotkan kami. Namun dengan semangat dan konsistensi permainan kami akhirnya berhasil unggul. Ini modal yang sangat berharga untuk menghadapi pertandingan-pertandingan ke depan, karena target kami di PON ini adalah medali emas,” katanya. Sejak cabor hockey indoor mulai dipertandingkan di PON, Jabar telah memperoleh tiga medali emas.

Pelatih Jabar Irwan Hermawan mengaku belum puas dengan performa pasukannya. Menurut dia, ada momentum ketika konsentrasi pemainnya hilang hingga Banten mampu mencetak gol.

“Kita lusa akan berhadapan dengan Jawa Timur. Bukan pertandingan yang mudah bagi kami. Mudah-mudahan nanti di pertandingan tersebut kami bisa meminimalisir kesalahan-kesalahan yang terjadi,” ucapnya.(PB PON XXI SUMUT/Ahmad Rizal)