PON 2024

NEWS

Kirab Api PON XXI Aceh-Sumut 2024 Sambangi 18 Kabupaten di Sumatra Utara

Selasa, 3 September 2024 | 23:17 WIB

Kirab Api PON XXI Aceh-Sumut 2024 Sambangi 18 Kabupaten di Sumatra Utara

PON XXI - Medan - Kirab Api Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 akan melintasi sedikitnya 18 kabupaten/kota di Sumatra Utara, dimulai dari Kabupaten Dairi dengan berbatasan oleh Kabupaten Subulussalam, Provinsi Aceh. Acara kirab ini merupakan bagian dari rangkaian PON XXI Aceh-Sumut 2024

Bidang upacara Panitia Besar (PB) PON XXI Sumut dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menjelaskan bahwa api PON pertama kali diterima di perbatasan Aceh-Sumut, kemudian diarak ke berbagai lokasi upacara di 18 kabupaten/kota di Sumut.

Rute kirab ini dimulai dari Kabupaten Dairi, lalu berlanjut ke Kabupaten Karo, Kabupaten Simalungun, Kota Pematangsiantar, Kabupaten Toba, Kabupaten Taput, Kota Sibolga, Padangsidimpuan, Kabupaten Paluta, Kabupaten Labusel, Kabupaten Labuhanbatu, Kabupaten Labura, Kabupaten Asahan, Kabupaten Batubara, Kota Tebingtinggi, Kabupaten Serdangbedagai, Kabupaten Deliserdang, dan berakhir di Kota Medan.

Untuk prosesi kirab Api PON XXI di Sumut, akan ada 42 petugas yang dibagi menjadi dua regu, masing-masing terdiri dari 21 orang. “Api PON akan diarak dengan berlari sejauh 2-3 kilometer dari perbatasan kabupaten/kota menuju lokasi upacara, kemudian dibawa menggunakan mobil rombongan ke perbatasan daerah berikutnya, hingga mencapai Kota Medan pada 8 September 2024,” terang Mahfullah P Daulay selaku Kasatpol PP Sumut.

Setelah di Kota Medan, api PON akan diarak menuju Kantor Gubernur dan bermalam di sana. Keesokan harinya, api akan dibawa ke Kantor Walikota Medan untuk upacara, kemudian diarak keliling kota hingga mencapai Istana Maimun.

Pada 9 September 2024, api akan dibawa dari Istana Maimun menuju Stadion Baharoeddin Siregar di Kabupaten Deliserdang untuk Upacara Pembukaan PON XXI Aceh-Sumut 2024. Pada hari yang sama, Presiden RI Joko Widodo akan meresmikan pembukaan PON di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh.

Obor yang digunakan sebagai wadah api PON didesain dengan filosofi daerah masing-masing penyelenggara, memiliki berat tidak lebih dari 2 kg, dan tahan terhadap cuaca.

Kirab Api PON ini diharapkan dapat menyulut semangat dan meningkatkan antusiasme masyarakat dalam mendukung PON XXI Aceh-Sumut 2024, di mana Sumatera Utara menjadi tuan rumah dengan penyelenggaraan di 10 kabupaten/kota, yaitu Langkat, Binjai, Medan, Deliserdang, Karo, Sergai, Pematangsiantar, Simalungun, Toba, dan Samosir.