PON 2024

NEWS

Pesenam Asal Sumut Tarung di PON XXI 2024

Selasa, 3 September 2024 | 20:16 WIB

Pesenam ritmik hoop asal Sumut yang merupakan tuan rumah PON XXI, Hanna Laura Caroline Butar Butar saat bertanding di babak penyisihan pada PON XXI di Gedung Serbaguna Disporasu Sumut, Deli Serdang, Selasa (3/9/2024). PB PON XXI SUMUT-ACEH / Hendra Syamhari

PON XXI - MEDAN-Senam Ritmik adalah senam dengan gerakan yang mengikuti irama tepukan tangan, ketukan, nyanyian musik, dan sebagainya. Senam ritmik merupakan salah satu cabang olahraga senam di Indonesia selain senam artistik. Olahraga ini sudah banyak diikutsertakan sebagai cabang olahraga di pertandingan nasional maupun internasional, seperti Sea Games, dan Olympic.

Kali ini kompetisi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh – Sumut 2024 tengah berlangsung. Cabang olahraga (cabor) senam ritmik juga dipertandingkan pada event nasional ini. Cabang olahraga senam ritmik mulai dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) pada hari Selasa, 3 September 2024.

Kejuaraan ini berlansung di Gedung Olahraga Mini Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara (Sumut) dan pertandingan pertama untuk cabang olahraga Senam ritmik.

Pada lomba itu, Sumatera Utara juga mengirimkan atlet muda untuk bertarung dalam kompetisi senam ritmik ini. Atlet muda yang akan mewakili Provinsi Sumatera Utara, yaitu Tata Miranda Putri Tampubolon dan Hanna Laura Caroline Butar-butar.

Tata Miranda Putri Tambubolon, putri Sumatera Utara yang bertarung dalam kompetisi PON XXI Aceh - Sumut 2024. Atlet yang akrab dipanggil Tata ini mewakili Atlet Senam Ritmik dari Sumatera Utara berhasil mengguncang ruangan. Mengundang penonton bersorak sorai, karena penampilan yang luar biasa.

Berbekal pengalaman dan usaha, atlet berusia 21 tahun tersebut optimis bisa tampil maksimal. Meski begitu, Atlet yang pernah menyabet medali emas Kejurnas di Bandung tahun 2019 mengakuinya selama ini memiliki kendala di fasilitas latihan dan proses ujicoba yang hanya dilakukan di dalam provinsi.

Tak kalah riuh juga dengan Atlet senam Hanna Laura Caroline Butar-butar, yang mewakili Sumatera Utara. Dengan kepercayaan dirinya yang luar biasa, Hanna tengah bersemangat melihat supporter yang telah hadir untuk mendukung pertarungannya di tingkat nasional ini.

Sungguh disayangkan ketika di akhir pertandingan, 2 atlet yang mewakili dari Sumatera Utara belum membuahkan hasil yang diharapkan.

Akhirnya, dari pertarungan senam ritmik ini dimenangkan oleh atlet Lampung dan DKI Jakarta.

Sri Sundari, Sekjen PB Persani menyatakan di hari kelima dari pertandingan gymnastic, tampil dari 12 asal Provinsi.

“Hari kelima dari pertandingan gymnastic secara keseluruhan. Hari ini yang tampil ada 23 Peserta dari 12 Provinsi, dan mereka semua tampil di semua alat. Hasil yang terakhir ini, Emas dan perak diraih oleh Atlet dari Provinsi Lampung dan Perunggu dari DKI Jakarta. Esok Hari kita menunggu kualifikasi final hari ini ditentukan siapa yang akan maju, menuju final besok. Kita lihat, besok pasti akan lebih seru lagi,” kata Sekjend PB Persani. (Arjuna H T Munthe)