PON 2024

NEWS

Jabar Gagal Raih Emas Keempat Voli Putri PON 2024

Jumat, 20 September 2024 | 01:34 WIB

Pebola voli Jawa Timur (Jatim) Megawati Hangestri Pertiwi melakukan smash ke pebola voli Jawa Barat (biru) pada pertandingan perebutan medali emas bola voli putri PON XXI Aceh-Sumut 2024 di GOR Bola Voli Indoor Sumut Sport Center, Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis (19/9/2024). Jatim menang dengan skor 3-1. PB PON XXI SUMUT/Alexander AP Siahaan.

PON XXI - Jabar Gagal Raih Emas Keempat Voli Putri PON 2024

DELISERDANG - Jawa Barat (Jabar) gagal meraih medali emas keempat voli putri PON XXI setelah kalah melawan Jawa Timur (JATIM) di Venue Voli Indoor Sport Center Sumut, Deli Serdang, Kamis (19/9/2024).

Bermain 4 set, Jabar kalah 1-3. Jabar yang diperkuat Shella Bernadheta sempat menang di set pertama dengan skor 25-22. Namun, di set kedua, Jatim yang diperkuat dengan pemain nasional Megawati menang dengan skor 25-23. 

Begitu juga di set ketiga, Jatim menang 25-23. Jatim menutup pertandingan dengan kemenangan di set keempat dengan skor 25-23.

Kekalahan ini membuat Jabar gagal meraih medali emas keempat voli putri PON. Menurut pelatih tim voli putri Jabar, Risco Herlambang, kekalahan anak-anak asuhnya karena kondisi fisik.

"Dalam permainan Jabar gak kalah, receive bagus, begitu juga counter attack. Main di bola tinggi, habis kita," katanya usai pertandingan.

Pada set pertama, Jabar sempat menang. Hal itu disebabkan lantaran kondisi timnya yang masih bugar. 

"Dari segi kematangan Jatim lebih matang, ada Mega, Medi. Kalau permainan, voli itukan siklus. Putri Jabar tiga kali berturut turut dapat emas," ujarnya.

Menurut Risco, mental pemain saat PON memang harus disiapkan. Ia pun mengharapkan pada PON berikutnya timnya bisa meningkatkan hasil.

"Mungkin nanti PON berikutnya Jabar yang naik lagi karena umurnya (pemain) seperti Neli, Salsabila, dan lainnya, mereka cuma berapa orang," imbuhnya.

Di pertandingan, kata Herlambang, Jabar sempat memimpin 3-0, 3-0, 3-0. Itupun pemain sudah diganti ganti.

"Karena kita kalah kondisi fisik yang terkuras. Kitanya banyak rally, begitu kita gak mati, diserang sama musuh, mati," ucapnya. 

Ia juga mengakui Megawati punya kharisma walaupun bolanya sempat out, di blok. "Tapi di poin penentuan dia yang buat poin," kata Herlambang. (PB PON XXI SUMUT/Yunan)