PON 2024

NEWS

Sumut Cetak Sejarah Masuk 3 Besar, Jabar Juara Umum Cabor Squash PON XXI

Jumat, 20 September 2024 | 00:58 WIB

Squash Ganda Campuran Sumut Menang- Atlet squash ganda campuran Sumatera (Sumut) Fadilah Aulia Putri (kanan) dan Eris Setiawan (kiri) melakukan selebrasi dihadapan atlet ganda campuran Jawa Timur (Jatim) Endrostill Aditya (tengah) pada babak final cabang olahraga (cabor) Squash Kategori Ganda Campuran, Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 di Squash Arena, Disporasu, Deliserdang, Sumatera Utara, Kamis (19/09/2024). Pada pertandingan final tersebut, tim squash ganda campuran Sumut Fadillah Aulia Putri dan Eris Setiawan berhasil mengalahkan tim squash Jatim Endrostill Aditya dan Rizka Amalia dengan skor 2-1.PB PON XXI SUMUT/Ariandi

PON XXI - DELISERDANG – Jawa Barat (Jabar) akhirnya menjadi juara umum cabang olahraga (cabor) Squash Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 yang telah berakhir di Arena Squash Dispora Sumut, Jalan PBSI, Percut Seituan, Deliserdang, Kamis (19/9/2024) sore. 

Jabar memperoleh 4 medali emas, 4 perak, 1 perunggu. Medali emas Jabar diperoleh dari tunggal putri, beregu putra, beregu putri, dan ganda putra. 

Sementara di posisi runner-up diduduki DKI Jakarta dengan raihan 2 emas, 2 perak, dan 3 perunggu. Medali emas DKI Jakarta diraih dari tunggal putra dan ganda putri. 

Di tiga besar mencuat nama baru yakni tuan rumah Sumatera Utara (Sumut) yang berhasil mengoleksi 2 emas dan 1 perunggu. Medali emas Sumut diperoleh dari beregu campuran dan ganda campuran. Hasil ini cukup luar biasa karena Sumut mencetak sejarah pertama kalinya mendapat medali emas PON. 

“Kami bersyukur Sumut mampu memenuhi target bahkan mencetak sejarah untuk pertama kalinya merebut medali emas PON. Semoga dengan prestasi ini membuat cabor Squash semakin berkembang dan maju di Sumut,” ungkap Ketua Pengprov Persatuan Squash Indonesia Sumut, Jimmy Sembiring. 

Sementara di peringkat lima besar masuk nama Jawa Tengah (Jateng) yang mengoleksi 1 perak dan 4 perunggu disusul Kalimantan Timur dengan 1 perak dan 2 perunggu. 

Sedangkan di sisa medali lainnya dari 13 provinsi yang bertanding di arena PON XXI ini menghadirkan Aceh di peringkat 6 dengan koleksi 1 perak 1 perunggu, disusul Jawa Timur 1 perak 1 perunggu di peringkat 7 dan Riau di peringkat 8 dengan 2 perunggu serta Jambi di peringkat 9 dengan 1 perunggu. 

Manajer Squash Jabar, Dicky Fajar Maulana mengucapkan syukur atas hasil tersebut berhasil mempertahankan gelar juara umum di cabor squash ini. 

“Kami datang ke PON ini dengan target 3 emas dan ini kami mampu merebut empat emas tentunya sudah melebihi target, ini semua berkat kerja keras anak-anak yang sudah giat berlatih selama lebih kurang setahun ini, semoga ke depannya kami bisa mempertahankan gelar juara umum ini di PON berikutnya,” pungkas Dicky. 

Selesainya upacara penyerahan medali maka berakhirlah keseluruhan pertandingan di cabor squash ini. Technical Delegate Cabor Squash Muhammad bin Abdullah Arfan mengatakan seluruh pertandingan berjalan sukses tanpa ada kendala. 

“Alhamdulillah penyelenggaraan kejuaraan squash PON XXI ini berjalan sukses tidak ada gangguan berarti berjalan aman dan tertib sampai selesai penyerahan medali,” tandasnya.



(PB PON XXI SUMUT / ZULFADLI SIREGAR)