PON 2024

NEWS

Felix Gagal di 50 Meter Gaya Bebas, Sumut Harus Puas Satu Emas

Jumat, 20 September 2024 | 00:18 WIB

Perenang Sumut, Felix Viktor Iberle berlaga dinomor 50 Meter Gaya Dada Putra babak kualifikasi di Kolam Renang Selayan Disporasu, Medan, Sumut, Sabtu (14/9). PB PON XXI SUMUT/FERDY SIREGAR

PON XXI - Felix Gagal di 50 Meter Gaya Bebas, Sumut Harus Puas Satu Emas

Medan: Harapan Sumatera Utara (Sumut) untuk menambah medali dari cabang olahraga renang di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024, harus kandas. 

Perenang andalan mereka, Felix Viktor Iberle gagal merebut medali emas di nomor 50 meter gaya bebas putra. Pada final di Kolam Renang Selayang Medan, Kamis (19/9/2024) sore, medali emas direbut perenang DKI Jakarta, Joe Aditya Wijaya Kurniawan.

Felix hanya mampu berada di urutan keempat dengan catatan waktu 23.35 detik. Di babak penyisihan pun, Felix hanya berada di urutan kelima dengan catatan waktu 23.62 detik. 

Pria berusia 19 tahun ini mengaku sedikit kecewa dengan gagalnya menambah medali emas untuk Sumut.

“Sebelum ini, saya ada sakit, demam jadi kurang fit untuk ikut berlomba. Kecewa, pasti kecewa ya, karena Sumut berharap saya bisa memberi dua medali emas di cabor renang di PON ini,” kata Felix.

Meski Felix gagal menambah emas untuk Sumut, namun banyak penonton yang minta foto dengannya di belakang venue, diantaranya Ida. 

Ida mengatakan, meski Felix tak berhasil menyumbangkan emas untuk Sumut, namun sebagai tuan rumah tetap harus didukung.

“Menang kalah itu kan bukan nomor satu. Felix sudah berusaha memberikan yang terbaik, tapi belum beruntung saja. Semoga ke depan Felix bisa lebih membanggakan Sumut,” ujar Ida yang datang bersama putranya.

Sebagai informasi, selain Felix tim Sumut hanya mengirimkan tiga atlet renang untuk mengikuti PON 2024.

Guntur yang bertanding di nomor 50 meter gaya punggung putra, Senin (16/9/2024) tak mampu meraih medali. Ia hanya mampu bertanding di babak penyisihan dengan catatan waktu 32.04 detik. 

Kegagalan yang sama juga dialami perenang putri, Grecia Marjorie Hutapea tak mampu masuk ke final pada pertandingan yang berlangsung di hari pertama, Sabtu (14/9/2024).

Dengan gagalnya kedua perenang Sumut dalam meraih medali, harapan Sumut hanya tertumpu pada Felix Viktor Iberle yang berhasil meraih emas di nomor 50 M Gaya Dada Putra. Viktor mampu mencatatkan waktu terbaiknya 28.36 detik.

Sebelumnya, Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Aquatik Sumatera Utara (Sumut), Kabir Bedi mengatakan, untuk renang, Sumut menyiapkan tujuh atlet renang. Dan, dari tujuh atlet renang tersebut ada yang empat di renang dan tiga di open water.

“Dari empat ini, ada satu yang memang melakukan latihan intensif di luar negeri, Malaysia, yakni Felix Viktor Iberle. Jadi memang untuk andalan terbesar Sumut itu untuk medali ya Felix,” kata Kabir. (PB PON XXI SUMUT / Nita)