PON 2024

NEWS

Keberhasilan Joe Aditya Rebut Tujuh Emas di Akuatik

Jumat, 20 September 2024 | 00:14 WIB

Perenang DKI Jakarta Joe Aditya Wijaya Kurniawan (tengah) meraih medali emas, didampingi perenang DKI Jakarta Jason Donovan Yusuf meraih medali perunggu (kiri) dan perenang Jawa Barat Erick Ahmad Fathoni (kanan) meraih perunggu di nomor 50 Meter Gaya Bebas Putra di Kolam Renang Selayang Disporasu, Medan, Sumut, Kamis (19/9). PB PON XXI SUMUT/FERDY SIREGAR

PON XXI - Keberhasilan Joe Aditya Rebut Tujuh Emas di Akuatik

Medan - Perenang DKI Jakarta, Joe Aditya Wijaya Kurniawan sukses meraih medali emas tambahan di hari terakhir Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024, Kamis (19/9/2024) sore. Joe kembali meraih medali emas di lomba nomor 50 meter gaya bebas putra, pada final yang berlangsung di Kolam Renang Selayang, Disporasu, Medan, Kamis (19/9/2024) sore.

Joe berhasil finish awal dengan waktu 22 menit 91 detik. Disusul Jason Donovan Yusuf juga dari DKI Jakarta dengan catatan waktu 23 menit 13 detik. Sementara peraih perunggu diperoleh kontingen Jawa Barat, Erick Ahmad Fathoni dengan catatan waktu 23 menit 27 detik.

Joe sebelumnya berhasil memecahkan rekor terbaru sebagai perenang tercepat di nomor 200 meter gaya bebas putra dengan waktu 1 menit 50,35 detik.

Menurutnya, emas ini sangat berarti baginya. Tujuh emas tentu di luar ekspektasi dirinya.

“Iya, ini emas ketujuh yang saya peroleh selama perlombaan PON Sumut-Aceh,” kata Joe.

Ia bersyukur atas prestasi yang diperolehnya saat ini karena mampu membanggakan orang tua dan keluarganya.

“Alhamdullillah, bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa juga keluarga yang telah mensupport saya serta teman-teman maupun atlet dan non atlet,” ujar Joe.

Anak pertama dari dua bersaudara ini mengatakan, torehan medali yang diraih berkat kerja keras manajemen dan dirinya. Terkait hadiah dan bonus yang bakal diperoleh, Joe mengatakan, pastinya untuk kebutuhan ekonomi keluarga.

“Sebagai anak pertama dan tulang punggung keluarga, pertama saya gunakan untuk keperluan keluarga. Kedua, mungkin saya investasikan untuk pembinaan prestasi saya. Dan, ketiga mungkin untuk berbagi,” kata Joe.

Joe sebelumnya terpilih mewakili Indonesia untuk mengikuti olimpiade di Paris, namun belum berhasil meraih medali.

Untuk target ke depan, pria yang juga model ini mengatakan akan meningkatkan prestasi dan rekor. 

“Insya Allah bisa kembali terpilih lagi menjadi perwakilan Indonesia di Olimpiade,” kata Joe. (PB PON XXI SUMUT / Nita)