PON 2024

NEWS

Menakjubkan! 3 Destinasi Wisata Alam di Sumut yang Wajib Dikunjungi

Kamis, 19 September 2024 | 22:00 WIB

Menakjubkan! 3 Destinasi Wisata Alam di Sumut yang Wajib Dikunjungi
PON XXI - PON XXI - Sumatra Utara tak hanya dikenal karena pesona Danau Toba, melainkan banyak surga tersembunyi yang menawarkan keindahan alam luar biasa. Bagi Anda yang mencari ketenangan atau sekadar melepas penat dengan "self-healing", sangat tepat untuk mengunjungi destinasi alam di Sumut.

Keindahan alamnya tak hanya menyegarkan pikiran, tetapi juga mampu membawa kedamaian dengan pesona alam yang menenangkan. Berikut tiga destinasi alam menakjubkan di Sumut yang siap memikat hati wisatawan.

1. Batu Gantung, Parapat

Batu Gantung adalah salah satu destinasi favorit bagi wisatawan yang menuju Danau Toba dan Pulau Samosir yang terletak di Parapat, Sumut. Nama Batu Gantung berasal dari formasi alamnya yang menyerupai tubuh manusia tergantung terbalik. Fenomena alam ini juga dipenuhi oleh legenda-legenda lokal yang menambah daya tarik tersendiri.

Lokasi batu khas ini berjarak sekitar 176 km dari ibu kota Medan. Batu Gantung menyajikan pemandangan indah serta suasana asri dan semakin memikat pengunjung dengan latar Danau Toba di sekelilingnya.

Batu Gantung, Parapat
Batu Gantung, Parapat

2. Air Terjun Dua Warna, Sibolangit

Air Terjun Dua Warna yang terletak di Kecamatan Sibolangit, Sumut menawarkan keunikan tersendiri. Berada di ketinggian 1270 meter di atas permukaan laut, air terjun ini menghadirkan dua gradasi warna yang berbeda. Air di bagian bawah berwarna putih keabu-abuan, sementara pancuran air dari atas berwarna biru muda. Keajaiban ini berasal dari Gunung Sibayak dan menjadi salah satu tujuan favorit bagi mereka yang mencari ketenangan.

Air Terjun Dua Warna, Sibolangit
Air Terjun Dua Warna, Sibolangit

3. Tangkahan, Langkat

Tempat wisata Tangkahan merupakan salah satu tempat ekowisata. Lokasi ini berada di Desa Namo Sialang, Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat. Dijuluki sebagai "surga tersembunyi" menawarkan pengalaman ekowisata yang unik sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan alam sambil memandikan dan menunggangi gajah serta menjelajahi hutan lebat.

Sungai-sungai jernih di kawasan ini membuat suasana semakin damai, karena lokasinya yang berbatasan dengan Taman Nasional Gunung Leuser. Dengan pemandangan yang masih alami dan kegiatan wisata yang tak biasa, Tangkahan menjadi destinasi sempurna bagi para petualang yang ingin merasakan pengalaman berbeda.

Tangkahan, Langkat
Tangkahan, Langkat

Ketiga destinasi ini bukan hanya menawarkan pemandangan yang memukau, tetapi juga pengalaman yang akan membuat Anda semakin jatuh cinta pada keindahan Sumatra Utara.