PON 2024

NEWS

Bendri dan Ilham Sumbang Emas Perdana untuk Sumut di Cabor Gateball PON XXI

Kamis, 19 September 2024 | 17:51 WIB

Atlet Gateball Sumut Ahmad Yapist memukul bola ke arah gawang saat melawan Tim Gateball NTT pada Semifinal Beregu Pria di Lapangan Pergatsi, Medan, Sumut, Rabu (18/9). Tim Gateball NTT menang dari Tim Gateball Sumut dengan selisih nilai 3 poin, dan melaju ke partai Final melawan Sulteng. PB PON XXI SUMUT/ABDAN SYAKURO

PON XXI - MEDAN-Ganda Sumatera Utara (Sumut) Bendri Arianto Sirait dan Ilham Ridho berhasil menyumbangkan medali emas pertama dari cabang olahraga (Cabor) Gateball pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI.

Duo atlet Sumut ini dipastikan meraih emas setelah menaklukkan ganda pria asal Sulawesi Utara (Sulut), Cyaisi Jonathan Ilat dan Marselino Loksan Liwan, pada partai final, Kamis (19/9/2024) siang.

Bertanding di Lapangan Pergatsi Sumut, Jalan Kolonel Yos Sudarso, Tanjung Mulia, Medan Deli, Medan, Bendri dan Ilham menang melawan Cyaisi dan Marselino dengan skor telak 39-23.

Pada set pertama, pasangan ganda pria asal Sumut tersebut bermain tenang dan lebih sabar. Keduanya secara perlahan memukul bola-bola mereka melewati gate satu dan sebagian melewati gate dua. Selanjutnya, bola tersebut ditempatkan mendekati gate tiga.

Tak mau kalah, ganda pria asal Sulut juga bermain apik. Mereka pun berhasil memukul seluruh bola melewati gate satu dan sebagian lagi gate dua.

Meski begitu, pasangan ganda pria asal Sumut ternyata bermain lebih apik. Bendri dan Ilham berhasil membuat dua kali agari (bola dipukul mengenai tiang tengah setelah melewati gate tiga). Alhasil, Sumut pun menang dengan skor 16-11.

Di babak kedua, Bendri dan Ilham bermain lebih baik lagi dibanding set pertama. Keduanya pun berhasil membuat empat kali agari. Hasilnya, mereka menang telak dengan skor 23-12.

"Sebetulnya meraih medali emas di luar ekspektasi kami. Jujur, target kami hanya lolos ke final," ujar Bendri.

Saat bermain di final, lanjut Bendri, dia berupaya menampilkan performa terbaiknya. "Soal hasil, saya pasrahkan kepada Tuhan. Mau emas ataupun perak, pasti saya terima," ucapnya

Dalam kesempatan yang sama, Ilham menyatakan medali emas tersebut dipersembahkan untuk kedua orang tuanya.

“Terima kasih kepada kedua orang tua saya yang telah mendoakan, sehingga bisa meraih emas,” ujar Ilham dengan mata berkaca-kaca.

Kata Ilham, medali emas itu juga untuk seluruh kontingen gateball Sumut yang bertanding di PON XXI.

Sementara itu, Ketua Pergatsi Sumut, Junaidi mengapresiasi capaian Bendri dan Ilham yang telah menyumbangkan medali emas untuk Sumut.

"Kami sangat senang tentunya dengan medali emas pertama untuk Sumut di cabor gateball PON XXI," kata dia.

Junaidi berharap, kontingen gateball Sumut yang lolos ke final pada nomor pertandingan lainnya bisa turut meraih emas (PBPONXXI/IDRIS)