PON 2024

NEWS

Tumbangkan Wakil Jakarta, Indisianto Purba Sumbang Medali Perdana Sumut dari Cabor Gateball PON XXI

Kamis, 19 September 2024 | 17:32 WIB

Atlet Gateball Sumut Indisianto Purba (tengah) melakukan touch (pukulan sentuhan) saat melawan Atlet Gateball DKI Jakarta Alexander Dixie Malonda pada Tunggal Pria di Lapangan Pergatsi, Medan, Sumut, Kamis (19/9). Atlet Gateball DKI Jakarta Alexander Dixie Malonda meraih medali Perunggu, mengalahkan Atlet Gateball Sumut Indisianto Purba dengan nilai akhir 3-0. PB PON XXI SUMUT/ABDAN SYAKURO

PON XXI - MEDAN-Kontingen Gateball Sumatera Utara (Sumut) berhasil meraih medali perdananya di Cabang Olahraga (Cabor) Gateball pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI.

Medali yang diraih Sumut adalah perunggu di nomor pertandingan tunggal pria, usai Indisianto Purba menumbangkan wakil DKI Jakarta, Dixie dengan skor 33-18 di Lapangan Pergatsi Sumut, Jalan Kolonel Yos Sudarso, Tanjung Mulia, Medan Deli, Medan, Kamis (19/9/2024) pagi.

Pada set pertama, laga berlangsung ketat. Kedua atlet bermain sangat hati-hati dalam menempatkan bola-bola di dekat gate dua dan tiga, usai melewati gate satu.

Namun, atlet Sumut sedikit lebih unggul meraih poin karena berhasil melakukan satu kali agari pada bola nomor 10. 

Sementara lawannya tidak ada melakukan agari hingga permainan set pertama berakhir. Alhasil, Sumut unggul tipis atas Jakarta dengan skor 14-12.

Memasuki set kedua, Indisianto bermain lebih lepas dan berhasil menguasai jalannya permainan. Hasilnya, dia unggul telak atas lawannya dengan skor 19-6.

Dengan kemenangan tersebut, otomatis atlet gateball Sumut di nomor tunggal pria ini berhasil meraih medali perunggu.

"Alhamdulillah, (kemenangan) ini sebenarnya rezeki dari Allah," ujar Indisianto saat diwawancarai usai pertandingan.

Dia mengaku, pada babak pertama sempat gugup atau grogi dan kurang percaya diri. "Syukurnya pada babak kedua, kurangnya percaya diri itu hilang sendiri dan akhirnya saya menang," ungkap Indisianto.

Ia menambahkan, medali perunggu yang diraih ini dipersembahkan untuk almarhum ayahnya.

"Kemudian juga Pergatsi Sumut dan seluruh kontingen gateball Sumut yang bertanding di PON XXI," pungkasnya. (PBPONXXI/IDRIS)