PON 2024

NEWS

Empat Atlet Tinju Putri Jawa Barat Lolos ke Final PON XXI/2024

Kamis, 19 September 2024 | 17:15 WIB

Rabu 18/09/2024.PB PON/Dhev Bakkara

PON XXI - PEMATANGSIANTAR – Empat atlet tinju putri asal Jawa Barat berhasil lolos ke partai final setelah memenangkan pertandingan di babak semifinal yang berlangsung di venue tinju Aula Universitas HKBP Nommensen, Jalan Sangnawaluh, Pematangsiantar, Rabu (18/9/2024).

Empat petinju yang melaju ke final adalah Ayu Pramustika, Alfianita Kartika Manopo, Reka Mariana Kasibulan, dan Retno Apris Listiningsih.

Pada partai final, Ayu Pramustika akan bertanding di kelas terbang 50 kg melawan Adriani Beatrichx Suguro dari Kalimantan Selatan. Sementara itu, di kelas 52 kg, Alfianita Kartika Manopo dari Jawa Barat akan berhadapan dengan Novita Sinadia dari DKI Jakarta. Di kelas 57 kg, Reka Mariana Kasibulan akan bertarung melawan Nurul Izzah dari DKI Jakarta. Terakhir, di kelas 66 kg, Retno Apris Listiningsih akan melawan Welmy Pariama dari Maluku.

Jawa Barat memiliki peluang besar untuk meraih medali emas terbanyak dengan empat atletnya yang berlaga di final dari berbagai kelas. DKI Jakarta menyusul dengan tiga atlet, sementara Sumatera Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Papua Barat masing-masing memiliki dua atlet. Satu atlet berasal dari Sulawesi Utara, Kalimantan Selatan, dan Aceh.

Berikut adalah daftar atlet tinju putri lainnya yang berhasil lolos ke final dari berbagai daerah dan kelas berbeda:

Kelas 45 kg: Endang dari Nusa Tenggara Barat di sudut merah akan berhadapan dengan Merlin Tomatala dari Papua Barat di sudut biru.

Kelas 48 kg: Israella B. Saweho dari Sulawesi Utara di sudut merah akan menghadapi Zalza Nabila Amoragam dari tuan rumah Sumatera Utara di sudut biru.

Kelas 54 kg: Ratna Sari Devi dari DKI Jakarta di sudut merah akan melawan Erniati Ngongo dari Nusa Tenggara Timur di sudut biru.

Kelas 60 kg: Huswatun Hasanah dari Nusa Tenggara Barat di sudut merah akan bertarung melawan Dominika Asnat Bayo dari Nusa Tenggara Timur di sudut biru.

Kelas 63 kg: Christina M. Jembay dari Papua Barat di sudut merah akan bertanding melawan Novizar Maulina dari Sumatera Utara di sudut biru.



Pada babak semifinal, Jawa Barat mengirimkan lima atlet, namun Jesika Umbas (JBR) gagal melaju ke final setelah dikalahkan oleh Endang dari Nusa Tenggara Barat pada laga pembuka di kelas 45 kg.

(PB PON XXI SUMUT/JUNAIDI)