PON 2024

NEWS

Penuhi Target 6 emas, Ketua PASI Sumut: Semua Berkat Kerja Keras

Kamis, 19 September 2024 | 16:04 WIB

.UPP_ATLETIK_LARI GAWANG PUTRA 110M_AGATHA CAPRI JUARA LARI GAWANG PUTRA 110M Pelari gawang Sumatera Selatan Rio Maholtra Emas (tengah,atas), Sumatera Utara Baim Bagus Sirait Perak (kiri, atas), Jawatimur Ghanes Bagus Perunggu (kanan, atas), juara dalam cabor atltetik cabang Lari 5000m Putra PON XXI ACEH-SUMUT, berfoto bersama Ketua PASI SUMUT David Luther Lubis (kanan, bawah), di Stadion Madya Sena Sumatra Utara, Deliserdang pada Kamis ( 12/9/2024 ). PB PON XXI Sumut / Agatha Capri

PON XXI - Deliserdang - Kontingen Sumatera Utara berhasil meraup 6 emas 4 perak dan 3 perunggu dari cabang olahraga atletik pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut. Ini sekaligus memenuhi target yang sebelumnya telah dicanangkan pengurus Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumatera Utara.

Keberhasilan tersebut tentunya hal yang sangat luar biasa mengingat pada PON sebelumnya di Papua atletik Sumut  hanya mampu membawa pulang 3 medali emas

Emas tersebut datang dari Abdul Hafiz nomor lempar lembing putra dan Agustina Damanik dari nomor 1500 dan 800 meter putri.

Tak ayal capaian enam emas di PON kali ini membuat semua insan pecinta olahraga di Sumatera Utara memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya, termasuk apresiasi datang dari Ketua PASI Sumut David Luther.

Ia menyebutkan semua keberhasilan tersebut tentunya tidak terlepas dari kerja keras atlet, pelatih dan juga pengurus PASI Sumut. Di mana selama lebih dari dua tahun  kepemimpinannya, roda organisasi berjalan dengan baik termasuk dalam pembinaan atlet.

Pembinaan yang dilakukan secara maksimal tersebut memang sebagai salah satu  upaya meraih prestasi setingginya di PON kali ini. Hasilnya ternyata sangat luar biasa dan di luar dugaan kata David. 

"Kita sudah mencapai target sesuai dengan apa sudah kita pasang sebelumnya yakni enam medali emas. Itu semua berkat kerja keras kita semua. Dimana pada PON sebelumnya kita hanya mendapat tiga emas dan kali ini Sumut dapat berbicara banyak dengan enam emas," katanya di Stadion Madya Atletik Sumut, Deliserdang, Kamis (19/9). 

Satu hal yang harus digarisbawahi dan syukuri, lanjut dia, bahwa Sumatera Utara dan Indonesia memiliki masa depan yang cerah di dunia atletik.

"Kita memiliki Nella Agustin, satu-satunya perempuan yang memecahkan rekornas dalam satu even PON dan ini sangat luar biasa dan spektakuler yang  diraih Nella benar-benar diluar dugaan," katanya.

Nella Agustin tentunya menjadi bintang bagi Sumatera Utara, karena dari 6 emas yang diraih dari atletik, tiga diantaranya diraih melalui putri kelahiran Kabupaten  Serdang Bedagai tersebut.

Sementara tiga emas lainnya masing-masih  diraih melalui M.Syahrial Bakti melalui tolak peluru putra, Abdul Hafiz dari lempar lembing putra dan Hardodi Sihombing dari lempar cakram putra.

"Ke depan semoga Nella bisa berbuat lebih banyak lagi,  berbicara dalam dunia internasional demi mengharumkan nama bangsa di mata internasional," katanya. (PB PON XXI SUMUT/JT).