PON 2024

NEWS

Tim Medis Jadi Bagian Krusial di PON XXI Aceh-Sumut, Respon Cepat dan Kesiapsiagaan Nomor 1

Kamis, 19 September 2024 | 10:10 WIB

Foto By (PB PON XXI SUMUT/ALFI).

PON XXI - Deliserdang - Suksesnya penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024, tidak terlepas dari kesiapsiagaan sejumlah tim medis dalam memberikan penanganan terhadap para atlet yang sedang bertanding. 

Salah satunya seperti dokter di lokasi pertandingan cabang olahraga atletik, dr. Fitriyani yang mengungkapkan jika dirinya dan tim medis lain telah bersiaga di sejumlah titik lintasan, guna mengawasi kondisi kesehatan para atlet yang berlaga, Rabu (18/09). 

Ia membeberkan, tenaga medis selalu bersiaga di beberapa titik lintasan, seperti di tempat pemanasan, garis finish sekaligus start, di titik lintasan 200 meter, dan 300 meter, sejak awal perlombaan atletik dimulai.

"Kami dari Pengurus Besar PON Wilayah Sumut, dokternya ada dua orang, perawat delapan, fisioterapinya dua, dan mobil ambulans ada dua unit," ungkapnya di Stadion Madya Atletik Sumut, Deli Serdang, Rabu (18/9). 

Lebih lanjut dia membeberkan, keluhan dari atlet yang paling banyak diterima selama tujuh hari terakhir, adalah kram otot, sehingga penanganan yang dilakukan dengan pendinginan menggunakan es di bagian yang nyeri.

"Yang kedua, adalah cedera engkel. Kebanyakan sebelumnya mereka karena sudah pernah cedera, kalau yang tidak ada riwayat cedera, bagian engkel yang bermasalah biasanya tidak banyak," ujarnya.

Selain itu, Fitriyani juga mengatakan jika atlet yang tidak bisa menyelesaikan lomba sampai finish (DNF), biasanya karena mereka mengikuti lebih dari satu nomor pertandingan, sehingga lebih cepat lelah dari yang lain.

Sampai hari ini, tim medis belum ada menemukan masalah yang serius, kecuali dari satu atlet lompat galah.

"Cuma ada satu yang kemarin cedera fraktur atau patah tulang di bagian lengan, tetapi tidak sampai ada luka terbuka, ya sederhananya retak bagian tulang lengan," katanya mengakhiri. (PB PON XXI SUMUT/ALFI)