PON 2024

NEWS

Terlambat Panas, Azzahra Melani Gagal ke Final

Kamis, 19 September 2024 | 08:42 WIB

Tunggal putri Jawa Timur, Azzahra Melani Arjisetya harus melupakan harapan meraih emas bulu tangkis tunggal putri Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Photo by : Selly Pertiwi / PB PON XXI SUMUT

PON XXI - MEDAN - Tunggal putri Jawa Timur, Azzahra Melani Arjisetya harus melupakan harapan meraih emas bulu tangkis tunggal putri Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Berlaga di babak semifinal yang digelar di GOR PBSI Sumut, Jalan Pancing, Medan, Rabu (18/9/2024), Azzahra yang merupakan unggulan pertama tumbang di tangan tunggal putri Jawa Tengah (Jateng), Sausan Dwi Ramadhani. Azzahra menyerah dua gim langsung 13-21, 21-23.

Atas kekalahan ini Azzahra tak dapat menutupi rasa kecewa. Ia mengaku terlambat panas dan tidak cepat mengantisipasi strategi yang diterapkan Sausan di set pertama.

“Aku kaget dengan bola-bolanya dia, kurang siap jadi gak bisa langsung menekan,” kata Azzahra usai laga.

Pola permainan bertempo tinggi, dengan drive-drive mendatar yang kencang dipadu netting, gagal diimbangi Azzahra. Ia mencoba mengubah pola di set kedua. Bermain lebih sabar, melepaskan lebih banyak lob serang, pelan-pelan membuat Azzahra bisa mengambil alih kendali. Pertambahan poin demi poin pun berlangsung lebih ketat, saling susul-menyusul.

Di akhir set kedua, Azzahra telah kembali ke performa terbaik. Ia mampu memaksakan deuce pada kedudukan 20-20 dan 21-21. Sayang, pada momentum genting ini, Azzahra membuat satu kesalahan yang dengan cermat dituntaskan Sausan. Set kedua ditutup 23-21.

“Di poin terakhir itu, saat dia match point, aku kira bolanya bakal di net lagi, ternyata disontek ke belakang,” katanya.

Azzahra secara sportif menerima kekalahannya, tapi tidak puas dengan pencapaian pribadinya di PON XXI ini.

“Andai bisa rasanya pengen ngulang pertandingan tadi. Kayak gak puas aja, karena aku ngerasa masih bisa lebih. Cuma, yah, gimana, disyukuri saja dapatnya,” kata Azzahra yang merupakan atlet binaan PB Jaya Raya.

Sementara itu, Sausan yang lolos babak final menyebut ia mengungguli Azzahra karena bisa bermain lebih lepas. Serangan-serangan yang dilancarkannya tidak berbeban karena sejak masuk lapangan sudah berpikir nothing to lose. Sausan, unggulan keenam, bilang dirinya tidak membebani diri dengan target harus menang.

“Tipikal Azzahra kurang lebih sama dengan lawanku kemarin (babak perempatfinal). Jadi sedikit banyak aku lebih siap. Selain tanpa beban juga. Aku berusaha bagaimana bisa main lepas,” ucapnya.

Di pertandingan final yang digelar di tempat yang sama, Kamis (20/9/2024), Sausan akan berhadapan dengan Aurielia Salsabila. (PB PON XXI SUMUT / JULIE)