PON 2024

NEWS

Sumut Vs Sulteng di Final Beregu Campuran Gateball PON XXI : Duel Dua Tim Pemegang Rekor Tak Terkalahkan

Kamis, 19 September 2024 | 08:24 WIB

Atlet Tim Gateball Triple Campuran Sumatera Utara Zeno Eronu Zalukhu (kiri) dan Mei Yunita Mendrofa saat bertanding melawan tim Gateball Triple Campuran Sulteng pada babak penyisihan Gateball Triple Campuran PON XXI Aceh-Sumut 2024 di lapangan Pergatsi Sumut, Medan, Senin, (16/9/2024).PB PON XXI Sumut/ Andi Suhendri Rambe

PON XXI - MEDAN-Julukan "Clash of the Titans" atau pertarungan antar raksasa patut disematkan pada final  nomor beregu campuran Gateball PON XXI. Pasalnya, kedua tim yaitu tuan rumah Sumatera Utara (Sumut) dan Sulawesi Tengah (Sulteng) pemegang rekor tak terkalahkan dari babak penyisihan.

Final beregu campuran Sumut versus Sulteng akan digelar Kamis (19/9/2024) di Lapangan Pergatsi Sumut, Jalan KL Yos Sudarso, secara maraton bersama laga pamungkas tujuh nomor lainnya cabang olahraga yang baru pertama digelar di PON ini.

Final beregu campuran dinilai partai yang paling layak dinanti, selain hasrat meraih emas, dibandingkan dengan tujuh final lain, nomor ini akan menyajikan duel yang agak berbeda, yang mana keduanya punya kekuatan besar yang relatif berimbang.

Selain sebagai tim tuan rumah, Sumut yang diperkuat Andika Maulana dkk belum terkalahkan selama babak penyisihan dan semifinal. Sumut memuncaki Pool B setelah melumat Sumbar, Sulsel dan Sultra.

Keperkasaan Sumut juga mampu memaksa para pemain Jabar tertunduk lesu keluar lapangan di babak semifinal. Padahal, sampai dengan lima menit terakhir permainan, duel seperti akan berakhir dengan kemenangan Jabar karena Sumut masih defisit poin.

Namun di detik-detik akhir pertandingan, perolehan poin Sumut melesat dan mengakhiri pukulan dengan keunggulan hingga lima poin atas Jabar. Karena itu, bagi tim pelatih, keperkasaan timnya di laga final nanti hanya perlu dijaga dari aspek mentalitas. 

Manajer Tim Gateball Sumut, Zulkarnain, mengatakan pihaknya memilih hanya memberi penguatan mental kepada atlet dalam menghadapi partai final. 

Jika kondisi mental timnya terjaga, tidak ada satupun lawan yang bisa mengalahkan mereka di kategori ini.

"Kami punya dua psikolog untuk membantu meningkatkan mental pemain," ujarnya.

Di lain pihak, Sulteng juga tak kalah perkasa di kategori ini. Mereka pun menyapu bersih lawan-lawannya di babak penyisihan. Bali, Aceh, Jawa Barat, disikat Sulteng dan memuncaki Pool A dengan total skor akhir hingga 60 poin.

Pada babak semifinal, Sulteng juga mampu menghancurkan asa Sumbar yang sudah susah payah meredam Sultra dan Sulsel di penyisihan. Asbudianto, Pelatih Gateball Sulteng, memastikan kekuatan timnya tidak ada masalah menjelang partai final.

"Tidak ada persiapan khusus. Mereka (para atlet) hanya butuh istirahat. Tidak ada yang kami khawatirkan, yang penting wasit bisa fair," ujarnya. 

Berikut Daftar Pemain Kedua Tim

Sumut : Iman Sejati, Hisikia Laia dan Andika Maulana, serta Yestilia Dachi, Siti Nabila, Register Launli.

Sulteng : Randi Fridolin, Agus Rianto, Maman Permono, Inati Buaiyan, Yusnita, Aurah. (PBPONXXI/YOSEPH PENCAWAN)