PON 2024

NEWS

Takluk dari NTT di Semifinal, Asa Tim Gateball Beregu Pria Sumut Persembahkan Emas Harus Pupus

Kamis, 19 September 2024 | 08:20 WIB

Atlet Gateball NTT Novianto Benu (dua kanan) melakukan touch (pukulan sentuhan) saat melawan Tim Gateball Sumut pada Semifinal Beregu Pria di Lapangan Pergatsi, Medan, Sumut, Rabu (18/9). Tim Gateball NTT menang dari Tim Gateball Sumut dengan selisih nilai 3 poin, dan melaju ke partai Final melawan Sulteng. PB PON XXI SUMUT/ABDAN SYAKURO

PON XXI - MEDAN-Harapan  Sumatera Utara (Sumut) menambah nomor di partai final di Cabang Olahraga (Cabor) Gateball PON XXI harus pupus. Ini setelah  tim beregu pria tuan rumah mengalami kekalahan dari Nusa Tenggara Timur (NTT) di babak semifinal, Rabu (18/9/2024).

Yang lebih menyesakkan, para pemain Sumut yang terdiri dari Khairul Azan, Aqbil Afrizal, Halbet Gaurav, Yohanes Reston, Luwis Sebastian dan Ahmad Yapist, kalah dengan selisih skor tipis pada laga yang digelar di Lapangan Pergatsi KL Yos Sudarso. 

Padahal pada awal permainan, mereka sempat di atas angin. Sumut mengakhiri permainan pertama dengan perolehan skor 11 berbanding 8 atau unggul selisih 3 poin.

 Namun pada permainan kedua, mereka dihajar balik oleh Petrus Minggus, Nyongk Fredik, Novianto Benu, Paskalis Adrian, Devan Abraham dan Erlan Alexander, dengan skor 14 berbanding 20 atau kalah dengan selisih 6 poin.

Dari perolehan skor itu, Sumut mengantongi total skor sebanyak 25 poin, sedangkan NTT memiliki 28 poin. Dengan begitu, Sumut kalah dengan selisih skor yang tipis, hanya 3 poin.

Ini merupakan kekalahan kedua Sumut atas NTT dalam dua kali pertemuan mereka di cabor Gateball PON XXI. Sebelumnya, pada putaran pertama babak penyisihan kategori triple pria yang digelar pada Minggu (15/9/2024), Sumut juga bertemu dengan NTT.

Di laga itu Sumut pun dikalahkan dengan selisih skor tipis dan pola kekalahannya pun serupa. Menang di permainan pertama dan kalah di permainan kedua, dengan selisih total skor hanya satu poin.

Kekalahan atas NTT di babak semifinal beregu pria membuat Sumut gagal menambah finalis atau peluang mendapat medali emas di cabor ini. 

Sumut tinggal berharap peluangnya pada tiga nomor, yakni ganda putra, beregu campuran dan ganda campuran.

Hasil dari beregu pria akhirnya membuat NTT berhasil menempatkan satu timnya di partai puncak cabor Gateball. Pada pertandingan semifinal yang lain, Sulteng berhasil melibas Gorontalo dengan selisih total skor sebanyak 4 poin. 

Dengan demikian, babak final beregu pria akan menyajikan duel antara NTT dengan Sulteng. Bagi Sulteng ini merupakan kesempatan keempatnya meraih medali emas di cabor Gateball.

Yang mana pada kategori yang lain provinsi itu juga menempatkan para atletnya di partai puncak. Yakni kategori tunggal pria, tunggal wanita, dan beregu campuran. (PBPONXXI/YOSEPH PENCAWAN)