PON 2024

NEWS

NTT Vs Sulteng di Final Beregu Pria Gateball PON XXI : Menanti Kejutan Tim Nusa Cendana

Kamis, 19 September 2024 | 11:12 WIB

Atlet Gateball NTT Paskalis Adrian Gagul (tengah) melakukan touch (pukulan sentuhan) saat melawan Tim Gateball Sumut pada Semifinal Beregu Pria di Lapangan Pergatsi, Medan, Sumut, Rabu (18/9). Tim Gateball NTT menang dari Tim Gateball Sumut dengan selisih nilai 3 poin, dan melaju ke partai Final melawan Sulteng. PB PON XXI SUMUT/ABDAN SYAKURO

PON XXI - MEDAN-Partai final beregu pria Gateball PON XXI akan menyajikan duel antara Sulawesi Tengah (Sulteng) melawan Nusa Tenggara Timur (NTT pada Kamis ((19/04/2024) di Lapangan Pergatsi Sumut, Medan. 

Dalam laga pamungkas ini, Sulteng menjadi tim yang diunggulkan. Pasalnya, tim ini berhasil mencapai partai puncak beregu pria setelah mempecundangi Gorontalo dengan 27-23, di babak semifinal. 

Dan ini bukan satu-satunya kemampuan Sulteng menempatkan para atletnya pada partai final di cabor Gateball PON XXI.

Dengan keberhasilan melawan Gorontalo, Sulteng lolos ke final di separuh, atau empat, dari delapan kategori pertandingan di cabor Gateball PON XXI. Adapun ketiga kategori yang lain adalah tunggal pria, tunggal wanita, dan beregu campuran.

Jumlah itu menjadi yang terbanyak dari 21 provinsi peserta cabor Gateball. Termasuk tuan rumah Sumut yang hanya menjadi finalis di tiga kategori dan Bali yang merupakan "nenek moyang" olahraga Gateball di Indonesia.

Deretan catatan positif di belakang Sulteng membuat provinsi itu lebih diunggulkan pada partai final beregu pria. Apalagi Sulteng juga punya cara sendiri untuk memersiapkan timnya di laga-laga puncak.

Salah satunya adalah dengan memberi keleluasan atletnya untuk beristirahat. 

Pelatih Tim Gateball Sulteng, Asbudianto, memastikan dari aspek mental, para atlet finalisnya berada dalam kondisi "on fire".

Kemudian dari sisi teknis, para atletnya juga sudah memiliki skill yang mumpuni. Hanya kebugaran fisik yang menjadi titik tekan persiapan ke final.

Terutama para atlet yang baru saja bertanding di laga semifinal melawan Gorontalo. Mereka hanya punya jeda waktu hitungan jam sebelum berduel lagi di final.

"Mereka harus punya kondisi fisik yang prima, apalagi tentunya kami akan bertemu dengan tim-tim yang malah lebih bagus dari kami," ungkapnya, seusai pertandingan semifinal beregu pria, Rabu (18/09/2024).

Di lain pihak, tim dari bumi "Nusa Cendana", julukan provinsi NTT, merupakan tim semifinalis yang memiliki selisih skor paling kecil di babak penyisihan. 

Sebagai Runner Up Pool B, NTT melaju ke semifinal dengan mengantongi selisih total skor hanya sebanyak 2,1 poin.

Sedangkan Runner Up Pool A, Gorontalo, lolos ke semifinal dengan selisih total skor sebanyak tiga poin. Pada babak semifinal, NTT juga nyaris dijegal Sumut dan hanya unggul tiga poin.

Hanya saja, NTT pernah menundukkan Sulteng di putaran kedua babak penyisihan Pool B. Itu tentu membangun kepercayaan diri dan tambahan pengetahuan tim Nusa Cendana untuk menciptakan kejutan di arena Gateball PON XXI. (PBPONXXI/YOSEPH PENCAWAN)