PON 2024

NEWS

Laga Pembuka, Atlet Tinju Putri Jawa Barat Kalah Lawan NTB

Kamis, 19 September 2024 | 00:48 WIB

Di kelas putri 57-60 kg, Reka Mariana Kasibulan dari Jawa Barat menang angka melawan Adistya Oliana asal Kalimantan Selatan. Di partai pamungkas kelas yang sama, Evenia Ronalda Daiwag Mahuse dari Papua Selatan meraih kemenangan angka atas Maria Yasintha Pili dari Sulawesi Selatan pada pertandingan babak penyisihan Cabor tinju PON XXI Aceh - Sumut 2024 , digelar di Aula Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar.PB PON/Dhev Bakkara

PON XXI - Laga Pembuka, Atlet Tinju Putri Jawa Barat Kalah Lawan NTB 

Pematangsiantar – Pertandingan cabang olahraga tinju putri PON XXI Aceh-Sumut telah memasuki babak semifinal, dengan 18 partai yang mempertemukan 36 atlet dari berbagai daerah dan kelas berbeda, Rabu (18/9). Pada laga pembuka, petinju asal Jawa Barat harus menghadapi atlet dari Nusa Tenggara Barat.

Jesika Umbas, petinju Jawa Barat yang bertanding di kelas terbang ringan 45 kg, gagal melaju ke final setelah kalah angka 1-4 dari Endang, petinju asal Nusa Tenggara Barat, dalam pertandingan yang berlangsung selama tiga ronde.

Pada laga kedua di kelas yang sama, petinju Papua Barat, Merlin Tomatala, berhasil meraih kemenangan mutlak dengan skor 5-0 atas Melania G. Langobiri dari Bali. Di babak final kelas 45-48 kg, Endang dari Nusa Tenggara Barat akan berhadapan dengan Merlin Tomatala dari Papua Barat.

Di pertandingan berikutnya, di kelas terbang ringan 48 kg, Israella Saweho dari Sulawesi Utara sukses melaju ke final setelah mengalahkan Stevani Malaor dari Maluku Utara dengan skor 5-0.

Di kelas yang sama, petinju Jawa Timur, Rani Krismayati Balu, harus mengubur impiannya meraih medali emas setelah kalah tipis dari petinju tuan rumah, Zalza Nabila Amoragam, asal Sumatera Utara.

Sementara itu, di kelas 50-52 kg, Aldriani Beatrichx Sugoro dari Kalimantan Selatan mencatat kemenangan sempurna 5-0 atas Yudit Elisabet Maulino dari Nusa Tenggara Timur.

Berikut daftar petinju yang akan bertanding di laga semifinal untuk memperebutkan tiket ke babak final PON XXI 2024:

  • Kelas 52-54 kg: Alfianta Kartika Manopo (Jawa Barat) vs Adelin Mayos Sroyer (Papua Barat), Hindriwati Haer (Sulawesi Selatan) vs Novita Sinadia (DKI Jakarta).
  • Kelas 54-57 kg: Ratna Sari Devi (DKI Jakarta) vs Juliandra B. Fanon (Bali), Nabila Maharani (Lampung) vs Erniati Ngongo (Nusa Tenggara Timur).
  • Kelas 57-60 kg: Veronica Stephanie Tobias (Kalimantan Timur) vs Nurul Izzah (DKI Jakarta), Reka Mariani Kasibulan (Jawa Barat) vs Evenia Ronaldo Daiwag Mahuse (Papua Selatan).
  • Kelas 60-63 kg: Uswatun Hasanah (Nusa Tenggara Barat) vs Jubaitul (Kalimantan Timur), Irawati (Sulawesi Tenggara) vs Dominika Asmat Bayu (Nusa Tenggara Timur).
  • Kelas 63-66 kg: Christiana M. Jembay (Papua Barat) vs Petty Puji Lestari (Aceh), Odorkas Pasaribu (Kalimantan Timur) vs Novizar Maulina (Sumatera Utara).
  • Kelas 66-70 kg: Retno Apris Listiningsih (Jawa Barat) vs Erda Dara Asa Sirait (Sumatera Utara), Welmy Pariama (Maluku) vs Miranda Leonora A. Gaman (Papua Barat).

Sementara itu, di kategori putra, pertandingan kelas 80-86 kg akan mempertemukan Teuku Maulana Daffa dari Aceh melawan Maikel R. Muskita dari Jawa Barat, disusul laga pamungkas antara Haris Mongga (Sulawesi Selatan) melawan David Simbolon (Sumatera Utara).

(PB PON XXI/SUMUT/Junaidi)