PON 2024

NEWS

Sudah Sampai Final, Aurelia Salsabila Siap Habis-habisan

Rabu, 18 September 2024 | 21:54 WIB

Atlet Jawa Timur (Jatim), Aurelia Salsabila, membuat kejutan di cabang olahraga (cabor) bulu tangkis nomor perorangan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Berstatus non-unggulan, Aurelia berhasil melaju ke partai puncak. Photo by : Selly Pertiwi / PB PON XXI SUMUT

PON XXI -

MEDAN - Atlet Jawa Timur (Jatim), Aurelia Salsabila, membuat kejutan di cabang olahraga (cabor) bulu tangkis nomor perorangan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Berstatus non-unggulan, Aurelia berhasil melaju ke partai puncak.

Di babak semifinal yang berlangsung di GOR PBSI Dispora Sumut, Rabu (18/9/2024), Aurelia mengalahkan pebulu tangkis yang lebih difavoritkan, Aura Ihza Aulia dari Jawa Tengah (Jateng). Ia menang straight set 21-19 dan 21-14.

“Sebelum mulai tanding tadi aku sudah mikir buat nothing to lose saja. Terpenting main sebisa mungkin, sebaik dan semaksimal mungkin, hasilnya biar Tuhan yang atur. Selain itu, aku sebelumnya pernah bertemu Ihza. Meski sudah cukup lama, sekitar tiga tahun lalu, tapi waktu itu aku menang dan ini sedikit banyak menambah rasa percaya diri,” ujarnya usai laga.

Aurelia mengaku kondisinya saat berlaga di empat besar tidak terlalu fit. Kaki kirinya masih belum enak usai sembuh dari cedera cukup parah yang membuatnya harus menepi lama dari lapangan bulu tangkis.

Set pertama berjalan ketat. Kejar-mengejar poin terjadi bahkan hingga sepertiga akhir set. Poin sempat merapat 20-19. Pada momentum ini, Aurelia bermain lebih tenang. Keputusannya untuk tidak buru-buru berupaya mematikan bola berbuah manis. Ia meladeni Ihza dalam reli-reli panjang. Set ini ditutup 21-19.

Situasi sedikit berubah di set kedua. Aurelia mulai berani mengambil inisiatif ofensif. Bola-bolanya yang lebih banyak dilambungkan ke belakang sebagai lob serang, di set ini diubah menjadi drive-drive mendatar yang cepat dan keras. Netting mulus membantu Aurelia mendapatkan bola-bola tanggung yang dengan cermat pula ia eksekusi.

Aurelia unggul jauh 11-4 di interval game. Namun setelah kembali ke lapangan, cedera di kaki membuat langkahnya kurang ringan. Ihza mencoba memanfaatkan situasi dan berhasil mengebut mengumpulkan sepuluh angka. Aurelia sendiri hanya menambah satu poin. Skor berbalik 12-14.

“Ini memang penyakit lama aku, sering hilang fokus dan akhirnya terkejar. Di laga tadi, pelatih terus mengingatkan. Sejumlah suporter juga meneriaki aku untuk berkonsentrasi lagi. Aku berupaya keras dan berhasil,” ucapnya.

Perpindahan bola menjadi titik balik. Aurelia yang sudah bermain lebih tenang menyamakan skor lalu menambah satu demi satu poin, mengunci Ihza di angka 14.

Di final, Aurelia akan berhadapan dengan pebulu tangkis Jateng lainnya, Sausan Dwi Ramadhani. Ia berjanji akan main habis-habisan untuk membawa pulang medali emas.

“Dulu pernah ketemu Sausan waktu sama-sama di PB Djarum. Tapi itu sudah lama. Tidak ada masalah. Ini final, pertandingan terakhir. Jadi, ya, harus dipaksa. Harus habis-habisan. Sudah sampai di sini, saya harus bisa dapat emas,” ujarnya. (PB PON XXI SUMUT / JULIE)