PON 2024

NEWS

Photobooth Tiga Dimensi Ramaikan Arena Esport, Pengunjung Bisa Foto Virtual Bareng “Matra”

Rabu, 18 September 2024 | 21:51 WIB

POTO BY (PB PON XXI Sumut/Hafnida Dalimunthe)

PON XXI - MEDAN | Photobooth Tiga Dimensi (3D) meramaikan arena Cabor Esport PON XXI Aceh-Sumut yang digelar di Gedung Medan International Convention Center (MICC) Jalan Gagak Hitam No.1 Medan.

Selain menonton pertandingan games, pengunjung juga bisa berfoto bareng “Matra” si Harimau Sumatera yang menjadi maskot PON XXI Aceh-Sumut tahun 2024.

Photobooth ini hadir sejak Cabang Olahraga (Cabor) Esport mulai dipertandingkan pada 13 September lalu di Gedung MICC, hingga 19 September atau sehari menjelang upacara penutupan.

Sadaam Indra, seorang broadcast yang bertugas di Photobooth menyatakan pengunjung bisa berfoto bersama “Matra” yang merupakan Maskot PON XXI Wilayah Sumatera Utara, dengan latar belakang Logo PON XXI.

“Jadi background-nya ada dua, kita pakai greenscreen dan bluescreen. Itu fungsinya, misalnya kalau ada orang yang pakai baju hijau ya kita tempatin di bluescreen. Kalau ada yang baju biru pakainya greenscreen,” ujar Saddam.

Greenscreen dan bluescreen itu nantinya akan dihilangkan dan diganti dengan virtual set yang memiliki empat sisi. Sisi pertama ceritanya meja caster, ada logo PON, logo KONI, PBESI dan Maskot PON “Matra”, yang divisualisasikan bisa loncat.

Ada juga virtual set berupa meja player. “Makanya ada LED, ceritanya mereka sedang main,” ujarnya.

Selain itu ada pula set berupa “Matra” sedang mendada-dada. Dengan empat pilihan ini, penonton bebas memilih set mana yang mereka inginkan. Pengunjung bisa berfoto dengan banyak gaya karena foto tersebut tidak dicetak, melainkan akan disimpan ke Google Drive dan dibuatkan link-nya dengan scan barcode, sehingga pengunjung bisa mengunduh foto yang mereka inginkan dengan men-scan barcode yang tersedia.

“Dari keempat set virtual yang tersedia pengunjung paling senang yang Matra lagi dada-dada (melambai—red),” ujar Saddam.

Photoboot ini bisa dikunjungi sejak pukul 10.00 WIB pagi hingga game terakhir yang diperlombakan. “Jadi kalau misalnya game terakhir diperlombakan, maka orang kan pada nonton tuh, ya kita close lah, biasanya itu jam 9 malam selesainya,” ujar Saddam.

Salah seorang pengunjung, Ida, warga Medan Sunggal yang ditemui di arena E-Sport mengaku senang bisa berfoto di arena photobooth. “Lumayan bisa foto gratis, bisa di-upload di medsos sama maskot PON,” ujar Ida. (PB PON XXI Sumut/Hafnida Dalimunthe)