PON 2024

NEWS

Jason Kepri Rebut Medali Emas Wakeboard Ski Air

Rabu, 18 September 2024 | 21:47 WIB

FOTO BY RAMSIANA

PON XXI - BALIGE - Peski Air asal Provinsi Kepulauan Riau, Jason, berhasil memukau juri dan merebut medali emas ski air nomor Wakeboard Putra PON XXI Aceh-Sumut 2024, di partai puncak yang digelar di Balige, Sumatera Utara, Rabu (18/9/2024). 

Di final, Jason berhasil mengemas skor 42,00 poin. Pada posisi kedua ditempati oleh M Rafly T dari Riau dengan skor 37,89 poin. Rafly berhak dikalungkan medali perak dan peski air Tuan Rumah Sumatera Utara, Kevin Gladian menyabet medali perunggu dengan total skor 35,23 poin. 

“Jason berhasil membuat 10 gerakan di udara,” kata Ketua Panitia Cabor Ski Air, M Husaini Almubayyin menanggapi kemenangan Jason.

Dari data yang dirilis wasit juri, setelah Kevin, pada posisi keempat ditempati atlet dari Riau, Suprianto dengan skor 31,90 poin. Lalu di posisi kelima, ditempati Alpin Dinata dari Riau dengan skor 25,00 poin. Dan posisi terakhir atau keenam ditempati atlet DKI Jakarta Surdinsya dengan skor 23,22 poin.

Satu-satunya perwakilan Sumut pada nomor ini adalah Kevin Gladian. Husaini yang juga pelatih Ski Air Sumut menjelaskan, pihaknya tetap bersyukur dengan perolehan nilai yang didapatkan Kevin Gladian. "Kita bersyukur Kevin Gladian naik podium," ujarnya.

Dari amatan Husaini, Kevin mengalami jatuh pada lintasan kedua. Sementara dua atlet di atas peringkat Kevin Gladian mampu menyelesaikan dua lintasan dengan mulus.

"Ia tidak dapat meraih medali emas untuk nomor ini karena di lintasan kedua, ia hanya dapat membuat tiga gerakan saja, kemudian ia jatuh," ungkapnya.

Dia menyimpulkan, pertandingan di air tak bisa diprediksi. Menurutnya, hal apa saja dapat terjadi di air dan mempengaruhi performa atlet. "Target kita di nomor Wakeboard ini memang medali emas. Namun kalau sudah di air, apa saja bisa terjadi," sambungnya.

Dari hasil pertandingan, Kevin Gladian hanya bisa membuat 8 gerakan sementara rangking 1 dan 2 mampu membuat 10 gerakan dengan mulus. "Tim juri langsung melihat dan menilai kerumitan gerakan masing-masing atlet serta berapa banyak gerakan yang dibuat. Total gerakan Kevin ada sebanyak 8 gerakan. Sementara lawannya punya 10 gerakan," pungkasnya. (PB PON XXI/Maurits Pardosi)

Keterangan Foto:  (IST) Finalis Nomor Wakeboard perlihatkan kemampuannya di permukaan air Danau Toba, Rabu (18/9/2024).