PON 2024

NEWS

Turun Di Kelas 130 Kg Greco Roman, Putra Atlet Gulat Sumut Exkel Idolanta Bertekad Sumbang Emas

Rabu, 18 September 2024 | 21:38 WIB

Atlet Gulat Sumut Exkel Idolanta. PB PON XXI SUMUT/Reza Perdana

PON XXI - BINJAI – Atlet Gulat Sumatera Utara (Sumut), Exkel Idolanta Meliala Sembiring, bertekad menyumbang Medali Emas pada Cabang Olahraga (Cabor) Gulat PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Exkel Idolanta akan bertanding di Kelas 130 Kilogram (Kg) Gaya Greco Roman (GR) Putra pada hari keempat pelaksanaan laga Cabor Gulat PON XXI di GOR Binjai, Kamis (19/9/2024) besok.

Saat ditemui sedang berlatih di Venue Cabor Gulat GOR Binjai, Rabu (18/9/2024), Exkel Idolanta mengatakan, selama ini persiapan untuk menghadapi PON XXI sudah maksimal, hanya butuh pembuktian di atas matras saat bertanding. 

“Kami latihan hampir 2 tahun, terus program latihan juga tidak main-main dari tim pelatih dan offisial pelatih,” ujarnya.

Pegulat 22 tahun itu siap memberikan yang terbaik untuk Sumut, dan bertekad meraih kemenangan di semua pertandingan untuk menyumbangkan Medali Emas.

“Sejauh ini Sumut sudah dapat 1 Perak dan 3 Perunggu, dan akan kita buktikan besok untuk dapat Emas,” ujar pria yang saat ini kuliah di Universitas Quality Berastagi, Jurusan Olahraga, Semester 7.

Disinggung alasan memilih Gulat, Exkel Idolanta menceritakan, sudah hampir 7 tahun menggelutinya. 

Saat bersekolah di kampung halaman, Barusjahe, Karo, ia sempat mau pindah ke Kabanjahe untuk mencari olahraga lain.

“Tapi, saya coba Gulat, ini yang saya pilih. Memang bakat saya di Gulat ini. Sudah banyak saya coba seperti Karate, Sepak Bola, banyak lagi, tapi setengah-setengah, dan baru ini, Gulat ini paling klop di saya,"ujarnya.

Bagi Exkel Idolanta, olahraga Gulat yang digelutinya kemungkinan sudah diatur oleh Tuhan, dan mungkin juga Gulat adalah olahraga yang cocok untuknya sampai sejauh ini.

Mengenai prestasi yang sudah diraih, Kejurnas Pomnas di Kalimantan Selatan (Kalsel), Exkel Idolanta meraih Juara 2. 

Sedangkan PON XXI Aceh-Sumut 2024 ini merupakan yang pertama baginya.

“Saya akan mendedikasikan penampilan, untuk pertama terima kasih kepada Tuhan, orangtua, pelatih, dan masyarakat Sumut,"ujarnya.

Dia pun menargetkan lolos ke SEA Games 2025 di Thailand. 

"Kalau lawan berat, ada, tapi akan saya atasi semua itu," ujarnya. (PB PON XXI 2024 SUMUT/Reza Perdana)