PON 2024

NEWS

Richie Pastikan All Jateng Finals Tunggal Putra, Pelatih: Luar Biasa

Rabu, 18 September 2024 | 21:33 WIB

POTO BY (PB PON XXI SUMUT / CHRISTOPEL)

PON XXI - MEDAN - Pebulu tangkis Richie Duta Richardo memastikan Jawa Tengah (Jateng) membawa pulang medali emas dari nomor tunggal putra Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Kepastian ini diperoleh setelah Richie memenangkan laga semifinal melawan wakil Jawa Timur (Jatim), Muhammad Rizky Akbar. Pada pertandingan yang digelar di GOR PBSI Sumut, Rabu (18/9/2024) petang, Richie menang dalam rubber game 22-20, 8-21, 21-8.

Richie sebenarnya nyaris tumbang di set pertama. Rizky Akbar sudah mencapai set point dalam kedudukan 20-15. Namun Richie berhasil melakukan comeback spektakuler. Ia menggeber serangan dan merebut tujuh poin beruntun untuk menutup gim pertama dengan kemenangan 22-20. Ekspresi kemenangan terlihat jelas ketika Richie berteriak kencang, tidak percaya dirinya berhasil memenangkan set pertama.

Namun, pada gim kedua, permainan Richie menurun dan menyerah dengan mudah. Margin skornya juga lebar sekali 8-21. Rizky Akbar mendominasi penuh sepanjang set ini.

Gim ketiga atmosfer laga berubah lagi. Richie kembali menekan pedas gas dalam-dalam. Serangannya kembali bertubi. Berkali-kali ia melepas smash tajam menyilang yang hanya bisa membuat Akbar mati langkah. Skor 21-8 berbalik untuk Richie.

Sebelumnya, Jateng telah memastikan satu finalis di sektor tunggal putra lewat Moh Zaki Ubaidillah. 

Pelatih Jateng, Dionysius Hayom Rumbaka, menyebut dirinya sangat bangga dengan pencapaian kedua pemainnya yang sama-sama masih berusia 17.

“Saya kira ini sangat luar biasa. Usia mereka baru 17 tahun, sedangkan kompetitor rata-rata sudah lebih senior. Siapa pun nanti yang memang, ini akan jadi pengalaman sangat berharga untuk Richie dan Zaki,” ujar Hayom seraya menambahkan, keberhasilan pemain-pemainnya tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk PB Djarum, tempat sebagian besar atlet bulu tangkis Jateng bernaung.

“Di final nanti, saya hanya berharap mereka bisa menampilkan permainan terbaik mereka tanpa cedera. Keduanya sudah pasti lelah, jadi yang penting mereka bisa menjaga kondisi,” katanya. (PB PON XXI SUMUT / CHRISTOPEL)