PON 2024

NEWS

Kalahkan Jatim, Tim Bola Voli Pasir Putri NTB Sabet Perunggu

Rabu, 18 September 2024 | 21:11 WIB

Pasangan pebola voli pantai putri dari NTB, Novi dan Dea, terlihat berpose selfie dengan latar belakang perbukitan indah Danau Toba setelah meraih juara ketiga dan membawa pulang medali perunggu dalam ajang PON XXI Sumut-Aceh 2024. Mereka mencapai prestasi ini setelah tampil solid di sepanjang turnamen, meskipun tidak berhasil mencapai final utama. Pertandingan final berlangsung di Pantai Indah Situngkir (PIS), Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara, pada Rabu (18/9/2024), di mana keindahan alam Danau Toba turut memberikan kenangan manis atas perjuangan mereka. (PB PON XXI/Arjuna Bakkara)

PON XXI - Dalam perebutan juara 3 (medali perunggu) dan 4 dalam pertandingan PON XXI 2024 wilayah Sumut cabang olahraga (cabor) Bola Voli Pasir, tim putri Jawa Timur (Jatim) bertanding dengan tim NusaTenggara Barat (NTB) di Pantai Indah Situngkir (PIS), Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara, pada Rabu (18/9/2024).

Tampak pertandingan Tim Bola Voli Pasir putri Jatim, Diva-Febry Uarry berusaha ingin mengalahkan pemain NTB, Aldha-Nikomang. Tetapi mereka harus mengakui keunggulan tim Indonesia wilayah Timur itu.

Pada set pertama, tim voli pasir putri Jatim mengemas poin 21-18, atau selisih 3 poin dari NTB. Kemenangan berikutnya menjadi kunci untuk mengoleksi medali perunggu.

Namun pada set kedua, keadaan menjadi seimbang setelah tim voli putri NTB mengunci poin 21-12 atas Jatim. Sehingga skor menjadi imbang 1-1, dan harus berlanjut pada set ketiga.

Dari pertandingan di set ketiga, justru tim voli pasir putri  NTB membalikkan keadaan dari set pertama sempat dikalahkan. Tim putri Jatim pun harus mengakui ketangguhan NTB dengan hasil akhir 15-10.

Dari pertandingan sengit itu, NTB memenangkan perebutan medali perunggu dengan skor 2-1. Meskipun diakui Aldha dari tim NTB, lawan mereka Jatim sangat sulit dikalahkan. Bahkan termasuk lawan terberat.

“Selama beberapa kali bertanding yang sulit kami lawan adalah Tim Jawa Timur (Jatim)," ujar Aldha.

Aldha juga menyatakan, permainan ini sangat luar biasa walaupun tidak mencapai target tetapi  tetap memuaskan meski hanya mendapatkan medali perunggu.

“Ini sangat luar biasa walaupun target kita melenceng, kita sangat- sangat puas dengan hasil ini walaupun hanya medali perunggu. Dan kita mempunyai motivasi harus ada di Podium walaupun 1,2 dan 3 dan kita harus ada di Podium," ujar Aldha terharu. (PB PON XXI SUMUT / Ambrosius Simbolon)