PON 2024

NEWS

Relawan Siap Gelar Aksi Bersih di Venue Kolam Renang Selayang

Rabu, 18 September 2024 | 20:54 WIB

Penonton, pelatih, dan para atlet menanti sejumlah nomor pertandingan yang akan berlaga di Kolam Renang Selayan Disporasu, Medan, Sumut, Senin (16/9). PB PON XXI SUMUT/FERDY SIREGAR

PON XXI - Medan: Sejumlah relawan yang tergabung dalam ‘Yellow Volunteer’ siap melaksanakan aksi bersih dan kampanye kebersihan di area pertandingan cabang olahraga akuatik di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 Aceh-Sumatera Utara. Aksi bersih akan dipusatkan di venue Kolam Renang Selayang, Medan. 

Informasi petugas sekretariat Panitia Besar PON XXI Aceh-Sumatera Utara, gerakan bersih-bersih di Kolam Renang Selayang dijadwalkan berlangsung pada Kamis (19/9) pagi, pada pukul 07.30 WIB.

Selain Kolam Renang Selayang, pada hari yang sama aksi bersih serupa juga akan dilakukan para relawan di arena pertandingan PON lainnya. Seperti di Stadion Martial Art Desa Sena, Kecamatan Batangkuis, Deli Serdang.

Kegiatan tersebut dilaksanakan hampir bersamaan dengan hari terakhir pertandingan renang PON XXI/2024 yang digelar sejak 14 September lalu. 

Para relawan akan memulai kegiatan pungut sampah di luar maupun di dalam arena pertandingan. Kerja ini untuk memastikan venue-venue yang baru selesai dibangun dan direvitalisasi tersebut tetap bersih.Dalam melakukan aksi tersebut, para relawan akan membawa peralatan kebersihan seperti sapu, tempat sampah dan peralatan lainnya.

Seorang penonton warga asal Deli Serdang, Rina mengaku kolam renang Selayang sejak direnovasi sangat nyaman. Dirinya juga merasa senang, Sumut memiliki kolam renang berstandar internasional.

“Bangga lah bang sebagai warga Sumut kita punya venue sebagus ini. Apalagi, ada atlet kita yang lomba di final dan dapat emas,” katanya. 

Aksi yang diprakarsai oleh ‘Yellow Volunteer’ ini juga bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan di area publik. Terutama di venue-venue PON yang baru dibangun atau direnovasi.

Gerakan dan kampanye kebersihan tersebut diharapkan sebagai bagian dari komitmen bersama untuk menjadikan venue renang tersebut terkelola dengan baik sampah-sampahnya.

Kampanye kebersihan selalu didengungkan oleh panitia perhelatan PB PON Aceh-Sumut Tahun 2024, guna mengingatkan penonton maupun atlet dan oficial agar selalu membuang sampah pada tempatnya agar semua merasa nyaman. (PB PON XXI SUMUT / Irma Yuni)