PON 2024

NEWS

Preview Final Tunggal Pria Gateball PON XXI : Optimisme Sulteng Melawan Bali yang Diunggulkan

Rabu, 18 September 2024 | 20:43 WIB

Atlet Tim Gateball Triple Pria Sulawesi Tengah saat bertanding melawan tim Gateball Triple Pria Kalimantan Timur pada babak penyisihan Gateball Triple Pria PON XXI Aceh-Sumut 2024 di lapangan Pergatsi Sumut, Medan, Minggu (15/9/2024).PB PON XXI Sumut/ Andi Suhendri Rambe

PON XXI -

MEDAN-Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Bali akan berhadapan dalam pertandingan final tunggal pria cabang olahraga (Cabor) Gateball Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI, Kamis (19/9/2024).

Laga puncak itu akan digelar di Lapangan Pergatsi Sumut, Jalan Kolonel Yos Sudarso, Tanjung Mulia, Medan Deli, Medan, sekira pukul 10.40 WIB.

Sulteng melaju ke final setelah mengalahkan Sumatera Utara (Sumut) di semifinal dengan 33-17. Sedangkan Bali menaklukan DKI Jakarta, dengan 30-18. 

Dalam pertandingan final nanti, atlet gateball Sulteng yang bermain adalah Rahmat Dimas. Sementara Bali, Clinton Soeharto.

Pelatih Gateball Sulteng, Asbudianto mengatakan atlet yang akan bermain dalam kondisi baik dan tidak ada masalah apapun.

"Alhamdulillah kondisi pemain baik, kami sudah berlatih lebih kurang tiga bulan," ujar Asbudianto saat diwawancarai, Rabu (18/9/2024).

Dia mengaku, dalam laga final nanti tidak ada persiapan atau instruksi khusus.

"Kami hanya butuh istirahat saja. Sebab, ketika babak penyisihan hingga lolos ke semifinal dan final, atlet kami bermain sampai empat jam sehari di bawah terik sinar matahari. Ini tentu sangat menguras tenaga," sebutnya.

Melawan Bali di final, kata Asbudianto, Sulteng tidak merasa khawatir. "Bertemu Bali di final, insya Allah bisa. Semoga Allah mengizinkan," ucapnya.

Atlet Gateball Sulteng, Rahmat Dimas menuturkan tidak ada strategi khusus ketika kontra dengan Bali di final.

"(Strategi) lihat kondisi di lapangan nanti," ujarnya.

Diutarakan Rahmat Dimas, saat babak penyisihan, Sulteng satu grup dengan Bali. "Alhamdulillah, hasilnya kami memang (24-17)," ungkap dia.

Ia menuturkan, Bali bisa dibilang merupakan saingan. "Dari awal sebelum bertanding, sempat terpikir ada provinsi-provinsi yang bersaing, terutama Bali yang diunggulkan,” ujarnya.

“Tapi, insya Allah dengan keyakinan penuh dan latihan yang sudah dilakukan jauh-jauh hari, saya siap bertanding di final melawan Bali dan bisa menyumbangkan medali emas," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Pergatsi Bali, I Gusti Ngurah Adnyana menyatakan bahwa atletnya akan bermain semaksimal mungkin.

"Kondisi atlet kita saat ini sangat baik, lagi santai-santai. Hal itu karena setelah bertanding hampir seharian ketika babak penyisihan kemarin, maka kini kami tidak membebani atlet kami harus ini, harus itu," ujarnya.

Pun begitu, harapannya tentu Bali bisa menang dalam pertandingan final besok dan meraih medali emas.

"Target kita bisa meraih empat emas," ucapnya.

Atlet Gateball Bali, Clinton Soeharto menuturkan bahwa yang akan menjadi lawannya di final memiliki kemampuan yang baik.

"Permainannya bagus, di atas rata-rata. Ini menjadi saingan berat Bali. Tapi, kita optimis bisa meraih medali emas," tukasnya. (PBPONXXI/IDRIS)