PON 2024

NEWS

Pj Gubernur Sumut Ajak Masyarakat Kolaborasi Sukseskan PON XXI 2024

Senin, 2 September 2024 | 22:58 WIB

Pj Gubernur Sumut Ajak Masyarakat Kolaborasi Sukseskan PON XXI 2024

PON XXI - Medan - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatra Utara (Sumut), Agus Fatoni, mengajak masyarakat untuk menjadi bagian dari sejarah kesuksesan PON XXI Sumut-Aceh 2024. Hal ini disampaikannya setelah mengikuti jalan santai bersama ribuan pelajar dan masyarakat di Kawasan Sport Centre Provinsi Sumut, Batangkuis, Deliserdang, Sumut.

”Menjadi tuan rumah PON adalah kesempatan langka. Terakhir kali kita menjadi tuan rumah PON ketiga pada tahun 1953, dan sekarang kita kembali menjadi tuan rumah. Kemungkinan besar, kesempatan ini baru akan datang lagi sekitar 80 tahun ke depan. Belum tentu kita masih ada saat itu, jadi sekaranglah saatnya kita berkontribusi dalam menyukseskan PON dan menjadi bagian dari sejarah," ujar Fatoni.

Ia menambahkan, menjadi tuan rumah yang baik akan meningkatkan reputasi Sumut, baik di tingkat nasional maupun internasional. Oleh karena itu, Fatoni juga mengajak masyarakat untuk bersatu dan bekerja sama demi kesuksesan PON.

"Kita harus membuktikan bahwa kita mampu. Untuk itu, kita semua perlu bersatu dan serius dalam menjalankan peran sebagai tuan rumah, agar penyelenggaraan PON berjalan sukses dan para atlet kita meraih prestasi gemilang," kata Fatoni.

Dalam kesempatan tersebut, Fatoni juga melakukan kick off volunteer yang ditandai dengan penyematan pin. Ribuan volunteer hadir memenuhi halaman depan venue martial art yang baru saja diresmikan oleh Fatoni.

Fatoni menyampaikan bahwa volunteer PON Sumut akan mencetak rekor MURI, bahkan dunia. Saat ini, sekitar 70 ribu volunteer telah terdaftar. "Bersama-sama dengan masyarakat dan volunteer, kita akan menyukseskan PON ini. Semua elemen masyarakat, instansi vertikal, BUMD, dan BUMN harus berperan serta dalam kesuksesan PON," ajaknya.

Selain melakukan kick off volunteer, Fatoni juga meresmikan beberapa venue yang telah dibangun atau direnovasi oleh Pemprov Sumut, termasuk gedung martial art, stadion madya atletik, gedung voli indoor, serta rehabilitasi gedung bowling dan kolam renang Selayang.

Fatoni juga memastikan bahwa seluruh persiapan menjelang pembukaan PON berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditargetkan. Bahkan, beberapa pertandingan sudah dimulai tanpa ada kendala.

Sementara itu, Sugiono, salah seorang green volunteer, merasa bersyukur bisa menjadi bagian dari PON XXI Aceh-Sumut. Ia akan bertugas sebagai penghubung antara atlet dan panitia.

"Tugas kami adalah mengoordinasikan dan mengakomodasi kebutuhan atlet dan official serta menangani masalah yang mungkin terjadi di lapangan," ujar Sugiono.

Senada dengan Sugiono, Satria Sandi Anwar juga merasa bersyukur dan bangga menjadi volunteer PON. Ia bertugas di Balige untuk cabang olahraga ski air. "Saya sangat bangga terpilih menjadi salah satu volunteer. Saya berada di antara 71 ribu volunteer terbaik," ujar Satria.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Kapolda Sumut Whisnu Hermawan, Kajati Sumut Idianto, Ketua DPRD Sumut Sutarto, Pj Bupati Deliserdang Wirya Alrahman, Pj Walikota Tebingtinggi Muttaqien Hasrimy, Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy, dan Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Arief S Trinugroho. (H17/DISKOMINFO SUMUT)