PON 2024

NEWS

James Lengkang Hentikan Perlawanan Hotmaruli

Rabu, 18 September 2024 | 12:34 WIB

Cabor billiar hari ke 8 babak penyisihan 16 besar, 32 besar dan semu final di PON XXI, di venue Pardede Hall Medan, 17 September 2024. Cabor billiar hari ke 8 mempertandingkan Pool, Snook dan Carom berbagai nomer putra single. (PB PON XXI / Chalid Nasution)

PON XXI - MEDAN - Pebiliar Papua James Lengkang mencatat  kemenangan atas pebiliar tuan rumah Hotmaruli Simarmata dalam pertandingan nomor Carom Cadre 47/2 cabang biliar PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Pardede Hall, Selasa (17/9). 

Kemenangan ini sekaligus membalas kekalahan yang dialami James Lengkang dari Hotmaruli dalam partai final perebutan medali emas nomor Carom Libre.

Dalam partai perempat final Carom Cadre, James Lengkang menang dengan skor akhir 145-119.

Dengan kemenangan ini Lengkang melaju ke final dan membuka peluang untuk merebut medali emas pertama untuk Papua dari cabang biliar. 

Dalam PON XXI Aceh-Sumut ini keberuntungan terkesan agak menjauh dari James Lengkang. Dalam dua nomor Sebelumnya Lengkang berhasil melaju ke final, namun ia gagal memboyong emas.

Dalam final nomor carom 1 cushion, Lengkang ditumbangkan andalan DKI Jakarta Rudy Hasan.

Pada final keduanya, Lengkang juga gagal, karena  kalah oleh wakil tuan rumah Hotmaruli Simarmata pada nomor carom libre. Alhasil, Papua belum berhasil mendulang medali emas.

Hotmaruli Simarmata mengakui penampilan James Lengkang kali ini cukup bagus. "James.Lengkang main bagus kali ini, saya susah berjuang, namun gagal menghempangnya," kata Hotmaruli. 

Pada PON XXI Aceh-Sumut 2024 yang berlangsung selama 9-19 September, mempertandingkan lima divisi/kategori yaitu pool putra, pool putri, carom, english billiard, dan snooker. **(PBPONXXI SUMUT/Faisal P)