PON 2024

NEWS

Tekuk Sulsel 18 Poin, Gateball Sumut Tancapkan Satu Kaki di Semifinal Beregu Campuran

Selasa, 17 September 2024 | 22:37 WIB

Atlet Gateball Sumut Zeno Eronu Zalukhu (kiri), Mei Yunita Mendrofa (tengah), dan Dandy Syahputra (kanan) menunggu giliran untuk memukul bola saat melawan Atlet Gateball Sulut pada Semifinal Triple Campuran di Lapangan Pergatsi, Medan, Sumut, Senin (16/9). Kontingen Gateball Sulut menang dari Kontingen Sumut dengan skor akhir 27-20, dan melaju ke babak final Triple Campuran melawan Kontingen Papua. PB PON XXI SUMUT/ABDAN SYAKURO

PON XXI - MEDAN-Tim Gateball Sumut mampu menekuk Sulawesi Selatan (Sulsel) pada putaran kedua babak penyisihan Grup B Kategori Beregu Campuran PON XXI, Selasa (17/9/2024) di Lapangan Pergatsi, Jalan KL Yos Sudarso, Medan.

Bertanding di hadapan ratusan suporternya, tim Sumut yang digawangi Iman Sejati, Hisikia Laia dan Andika Maulana, serta Yestilia Dachi, Siti Nabila dan Register Launli, terlihat disiplin menerapkan strategi dalam menempatkan dan memasukkan bola.

Bola-bola ditempatkan terarah dan tidak terburu-buru dimasukkan ke gate (gawang kecil) dan hanya dimasukkan pada saat-saat yang dinilai tepat. Pada permainan (babak) pertama, perolehan skor Sumut mencapai 17 berbanding Sulsel yang hanya delapan poin.

Situasi permainan tidak banyak berubah pada permainan kedua. Para pemain tim Sulsel yang tercatat dihuni Abdul Gafur, Muh. Arsul dan Muh. Ridwan, serta Nur Ulang, Hasmuliyani dan Virginia Claudia, tampak malah kerap kebingungan menempatkan bola. 

Akibatnya, permain kedua ditutup dengan keunggulan poin Sumut lagi, yakni 15-6 atau sembilan poin selisih skor.

Dengan demikian, total skor Sumut berjumlah 32 poin dan Sulsel 14 poin sehingga Sumut memiliki selisih total skor sebanyak 18 poin dan dinyatakan sebagai pemenang pertandingan. 

Hasil ini membuat satu kaki Sumut sudah berada di babak semifinal karena sudah dua kali memperoleh kemenangan dan kini memuncaki klasemen.

Tim lain di Grup B, Sumatera Barat (Sumbar) memetik kemenangan atas Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan selisih total skor sebanyak 23 poin

Di Grup A, Sulawesi Tengah (Sulteng) mampu mengatasi Jawa barat (Jabar) dengan selisih total skor 10 poin dan Bali mengalahkan Aceh dengan selisih yang sama.

Sulteng memimpin klasemen sementara grup A karena dua kali meraih kemenangan, yakni atas Bali (putaran pertama) dan Jabar (putaran kedua). Sementara tim-tim yang tidak mungkin lagi lolos ke semifinal adalah Aceh dan Sulsel yang sudah dua kali menelan kekalahan. (PBPONXXI/YOSEPH PENCAWAN)