PON 2024

NEWS

Amankan Tiket Semifinal Beregu Campuran, Gateball Sumut Hajar Sultra 6 Poin

Selasa, 17 September 2024 | 22:36 WIB

Atlet Gateball Sumut Zeno Eronu Zalukhu (kiri), Dandy Syahputra (tengah), dan Mei Yunita Mendrofa (kanan) menunggu giliran untuk memukul bola saat melawan Atlet Gateball Sulut pada Semifinal Triple Campuran di Lapangan Pergatsi, Medan, Sumut, Senin (16/9). Kontingen Gateball Sulut menang dari Kontingen Sumut dengan skor akhir 27-20, dan melaju ke babak final Triple Campuran melawan Kontingen Papua. PB PON XXI SUMUT/ABDAN SYAKURO

PON XXI - MEDAN-Tim Gateball Sumut mengamankan tiket babak semifinal kategori Beregu Campuran PON XXI dengan memenangi laga melawan Sulawesi Tenggara (Sultra). Dalam laga terakhir babak penyisihan Pool B di Lapangan Pergatsi Sumut, Selasa (17/09/2024), tuan rumah unggul dengan selisih total skor enam poin.

Pada lag ini, Sumut tampak tetap bermain "all out" dan tidak memberi kesempatan kepada Sultra mengembangkan permainan dengan leluasa. Meskipun, sejatinya tuan rumah tetap bisa lolos jika tidak terlalu bermain ngotot.

Hal itu karena dalam dua pertandingan sebelumnya Sumut selalu menang dan memiliki total skor yang cukup besar. Menang lawan Sumatera Barat (Sumbar) dengan selisih total skor 18 poin dan mengatasi Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan selisih 18 poin juga, sehingga memiliki akumulasi selisih total skor sebanyak 36 poin.

Dalam laga lawan Sultra, beberapa kali pemain Sumut berhasil melakukan "bandul", mematikan atau mengeluarkan lebih dari satu bola lawan dengan sekali pukulan sentuhan. Akibatnya, alur bola tim Sultra menjadi tersendat.

Padahal, dalam laga terakhir babak penyisihan ini, Sultra harus menang dan dengan selisih total skor yang besar agar berpeluang lolos ke semifinal. Sebab sebelumnya Sultra hanya menang satu kali saat melawan Sulsel dan sekali kalah oleh Sumbar.

Pada permainan pertama, meski tertinggal, Sultra masih bisa mengimbangi Sumut dengan defisit hanya satu poin, atau 13 berbanding 24. Namun pada permainan kedua, Sultra tidak mampu membalikkan keadaan dan malah mengalami defisit lima poin dengan skor 9-14.

Dengan hasil pertandingan ini Sumut menjadi pemuncak klasemen akhir Pool B dan mengantongi tiket semifinal. Sumut didampingi Sumbar yang akhirnya lolos semifinal karena memiliki selisih total skor yang lebih baik dari Sultra dan Sulsel.

Pada babak semifinal, Sumut akan bertemu dengan Jawa Barat (Jabar) yang menjadi Runner Up Pool A, sedangkan Sumbar menghadapi Sulawesi Tengah (Sulteng) sebagai pemuncak Pool A. (PBPONXXI/YOSEPH PENCAWAN)