PON 2024

NEWS

Ganda Campuran Jabar Siap Patahkan Dominasi Jateng

Selasa, 17 September 2024 | 22:34 WIB

Pebulu tangkis Ganda putri Jawa Tengah Ardita Anjani dan Titis Maulida Rahma saat bertanding melawan pebulu tangkis Kepri Najwa Alfatihah dan Sakira Salsabila pada babak 8 besar bulu tangkis perorangan  PON XXI Aceh-Sumut di Gedung Serbaguna Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara (Disporasu), Deli Serdang, Sumatera Utara, Selasa (17/9/2024). PB PON Sumut XXI/Selly Pertiwi.

PON XXI - MEDAN -  Pasangan ganda campuran Jawa Barat (Jabar) Muhammad Rafi Alayman Jafar/Farica Abela memastikan satu tempat di semifinal setelah mengalahkan pasangan ganda campuran Daerah Istimewa (DIY) Yogyakarta, Madrid Dwi Sanjaya/Salsabila Zahra Aulia straight set dalam pertandingan perempat final bulu tangkis perorangan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Sumut, Selasa (17/9/2024).

Berlaga di GOR PBSI Dispora Sumut, Jalan Pancing, Medan, Rafi/Farica yang mengambil inisiatif serangan sejak awal set pertama berhasil mendikte  permainan Madrid/Salsabila. Meski sempat terjadi saling kejar poin, ganda Jabar menutup set pertama 21-16.

Set kedua, Yogyakarta yang tak ingin melepas kesempatan masuk semifinal memberi tekanan lebih besar. Susul-menyusul poin berlangsung lebih sengit. Madrid/Salsabila bahkan mencapai angka 20 terlebih dahulu.

Sayangnya, ganda Yogyakarta tak mampu mempertahankan keunggulan dan dipaksa deuce hingga dua kali, sebelum akhirnya Rafi/Farica berhasil mengambil dua poin terakhir. Pertandingan berkesudahan 23-21.

Farica mengatakan lega dan gembira bisa lolos ke semifinal, terutama setelah sempat tertekan di set kedua. Menurutnya, ganda Yogyakarta mendapat angin lantaran mereka mengendurkan serangan.

“Jadi kami sempat lengah dan hilang fokus, khususnya set kedua di poin sebelas ke atas. Namun kami bisa cepat kembali menemukan ritme. Di poin-poin krusial kami yakin bisa mengatasi mereka dan berhasil,” ucapnya.

Di semifinal, mereka akan berhadapan dengan ganda kuat dari Jawa Tengah (Jateng), Muhammad Voyage Afrisal Mahendra/Velisha Christina. Jateng begitu mendominasi nomor perorangan bulu tangkis dengan mengirim masing-masing dua wakil di empat sektor, tak terkecuali ganda campuran.

Menyikapi ini, Farica tidak gentar. Ia justru bertekad untuk mematahkan dominasi Jateng.

“Memang belum pernah bertemu dengan mereka. Nanti coba pelajari lewat rekaman video. Namun yang pasti kami akan bermain maksimal untuk melangkah ke final,” katanya. (PB PON XXI SUMUT / JULIE)