PON 2024

NEWS

Tenis Meja Sumut Perunggu, Jakarta dan Jatim Berbagi Emas Ganda Putra dan Putri

Selasa, 17 September 2024 | 21:48 WIB

Peraih medali perak pasangan ganda putra Jabar Rahmat Taufik dan Gibran Berliangga, peraih medali emas pasangan ganda putra Jatim Affan Mauludana dan Ficky Supit Santoso, peraih medali perunggu pasangan ganda campura Kaltim Noor Fahri dan Abdul Hair, peraih medali perunggu pasangan ganda putra dari Bali Komang Sugita dan I Putu Tedja Lajuardi, foto bersama usai upacara penghargaan pemenang (UPP) ganda campuran putra pada perhelatan PON XXI Sumut di GOR Angsapura Jalan A.R. Hakim, Medan, Sumut, Selasa (17/09/2024).

PON XXI - Medan: Tuan rumah Sumatera Utara akhirnya mampu mengakhiri puasa medali di cabang olahraga tenis meja selama 20 tahun di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. Puasa medali dapat dipecahkan pada nomor ganda putri, yang dipersembahkan pasangan Amanda/Nida pada laga yang berlangsung di GOR Angsapura Medan, Selasa (17/9/2024) sore. 

Meski pada babak semifinal pasangan ini kalah 0-3 atas pasangan DKI Jakarta, Rina/Mira, namun medali perunggu tetap berhak mereka rebut. Medali emas direbut pasangan pertama ganda putri DKI Jakarta Rina/Mira, sedangkan perak juga ganda DKI Jakarta, Desi/ Anatasya. 

Pelatih ganda putri Sumut, Muhammad Andika mengatakan medali emas ini sebagai motivasi bagi PTMSI Sumut sebagai awal kebangkitan cabor di level nasional. Menurut Andika, torehan ini sekaligus motivasi bagi atlet lain yang masih punya peluang di nomor tunggal putra dan putri. 

“Mudah-mudahan di nomor tunggal putra dan putri kita masih punya peluang. Kita sudah menunggu 20 tahun untuk bisa persembahkan medali di PON sejak 2008 di Kaltim,” kata Andika. 

Sedangkan perebutan medali emas nomor ganda putera berlangsung seru dan menarik. Laga yang pertemukan pasangan Jawa Timur, Ficky/Affan dengan Jawa Barat, Rahmat/Gibran berakhir 3-2 untuk kemenangan Jawa Timur.

Dengan hasil ini, pasangan Jatim berhak atas medali emas, sedangkan Jabar harus puas dengan medali perak. Sementara, pasangan Abdul Hair/ Fahri dari Kalimantan Timur (Kaltim) dan pasangan Komang Sugita/Tedja ( Bali ) hanya mendapat medali perunggu.

Sementara di ganda putri, pertandingan mempertemukan sesama pasangan DKI Jakarta. Pasangan Desi/Anastasya menghadapi Rina/Mira. Pertandingan pun dituntaskan Rina/Mira tiga game langsung (11-3, 11-9, 11-7).

Dengan hasil tersebut, Pasangan Rina/Mira merebut medali emas dan pasangan Desi/Anastasya dapat medali perak. Sementara medali perunggu didapat pasangan Amanda/Nida dari Sumut dan Devi Yanti/Devinta dari Bali. (PB PON XXI SUMUT/ Ariadi)