PON 2024

NEWS

Tekuk Kalimantan Tengah 2-0, Kalimantan Selatan Sabet Emas Cabor Esports Nomor e-Football

Selasa, 17 September 2024 | 21:39 WIB

Tim Kalimantan Selatan mendapat emas, Kalimantan Tengah mendapat perak, Tim Gorontalo mendapat perunggu pada pertandingan E-Football cabang olahraga E-Sport pada PON XXI Aceh-Sumut yang berlangsung di Medan International Convention Center (MICC) Jalan Gagak Hitam Medan, Selasa (17/9/2024). (PB.PON XXI Sumut/ Munawar Hrp).

PON XXI - MEDAN - Kalimantan Selatan (Kalsel) sukses menyabet medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut cabang olahraga (cabor) Esport nomor e-Football yang digelar di Medan International Convention Center, Selasa (17/9/2024).

Kalsel berhasil meraih medali emas usai mengalahkan Kalimantan Tengah (Kalteng) di babak final dengan skor 2-0 setelah memenangkan game pertama dan kedua. Sedangkan Kalteng harus puas membawa medali perak setelah finish di posisi kedua.

Kemenangan Kalsel atas Kalteng ini terbilang sangat dramatis setelah sebelumnya mereka dikalahkan 2-0 di babak final Upper Bracket dan terpaksa turun ke Lower Bracket. Tak ingin menyia-nyiakan kesempatan itu, Kalsel berhasil mengandaskan Gorontalo di babak final Lower Bracket dengan skor 2-1.

Kalsel yang maju ke babak final membawa hasil positif ini untuk menantang Kalteng. Kekalahan di final Upper Bracket cukup menjadi pelajaran bagi mereka hingga tampil all out untuk misi balas dendam atas Kalteng.

"Mungkin karena kita kalah tadi di Upper Bracket sama dia (Kalteng), mungkin itu jadi pembelajaran kita," kata Rommy seusai pertandingan.

Kemenangan Kalsel atas Kalteng di partai puncak turut melalui momen yang cukup dramatis. Setelah game pertama berhasil menang meyakinkan, sementara game kedua dimenangkan lewat drama adu penalti.

Rommy mengatakan tidak ada strategis khusus yang mereka pasang saat adu pinalti. Tercatat, mereka berhasil menangkis empat eksekutor penalti Kalteng.

"Kalau untuk strategi pinalti kita nggak ada, cuma feeling sewaktu saat itu aja, maunya kita loncat kemana, nendang kemana," terang Rommy.

Sementara itu, posisi ketiga di tempati oleh Gorontalo usai dikalahkan Kalsel di babak final Lower Bracket. Gorontalo sendiri harus puas membawa pulang medali perunggu.

(PB PON XXI SUMUT/Sofyan Akbar)