PON 2024

NEWS

Nomor Lokapala Dimulai Hari Ini, 8 Kontingen Bersaing di Cabor Esport di PON XXI

Selasa, 17 September 2024 | 21:21 WIB

POTO BY (PB PON XXI SUMUT/ Irin Juwita)

PON XXI -

MEDAN - Pertandingan cabang olahraga (cabor) Esports nomor lokapala dimulai hari ini dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut, yang digelar di Medan International Convention Center (MICC), Selasa (17/9/2024).

Delapan kontingen yang mengikuti lokapal adalah Aceh, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengan, Lampung, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat dan tuan rumah Sumatera Utara. 

Perwakilan PB ESI, Raysid mengatakan untuk sistem pertandingan di game local buatan Indonesia ini, dengan menggunakan pola bracket, upper bracke, lower bracket, quarter final lower bracket hingga mencapai final.

"Hari ini ada 8 tim kontingen yang bertanding. Semua hari ini dipertandingkan secara offstage," kata Rasyid.

Rasyid menjelaskan lokapala adalah game Esport pertama di Indonesia dengan karakter Indonesia. Saat ini lokapala sebagai salah satu nomor utama di cabor Esports PON XXI. 

"Jadi ada dua game lokal yang ikut dalam PON XXI. Lokapala ini dipertandingkan di salah satu nomor utama Esport, sedangkan battle of guardians masih di pertandingan eksibisi," ungkapnya.  

Dalam pertandingan lokapala, ada lima player dan satu cadangan yang bertanding. "Ada 5 player per tim. Untuk hari ini laga pertandingan sampai ke quarter final. Laga final akan digelar pada Kamis 19 September 2024," jelasnya.

(PB PON XXI SUMUT/ Irin Juwita)