PON 2024

NEWS

Wartawan Peliput PON Luar Sumut Senang Difasilitasi Motor

Selasa, 17 September 2024 | 20:56 WIB

wartawan dari luar Provinsi Sumatera Utara mengaku senang memperoleh fasilitas pendukung tugas liputan seperti sepeda motor. Mereka merasa terbantu selama meliput penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut. Photo by : Irma Yuni/ PB PON XXI SUMUT

PON XXI - Medan - Kalangan wartawan  dari luar Provinsi Sumatera Utara mengaku senang memperoleh fasilitas pendukung tugas liputan seperti sepeda motor. Mereka merasa terbantu selama meliput penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut. 

,"Kami berterima kasih dan senang atas pelayanan dan fasilitas yang disediakan Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional atau PB PON XXI Tahun 2024 Wilayah Sumatera Utara, " kata wartawan Malang Post Soeparijono, di media center Kolam Renang Selayang Medan, Selasa (17/9/2024) siang. 

Soeparijono adalah satu dari belasan wartawan yang tergabung dalam kontingen Provinsi Jawa Timur mengaku termasuk penerima fasilitas sepeda motor. Sepeda motor yang disediakan umumnya tipe matic dan jumlahnya diperkirakan mencapai puluhan unit. 

"Kami sebelumnya tidak menduga setibanya di Medan ternyata disediakan fasilitas sepeda motor untuk wartawan peliput PON, " ucap pria yang akrab disapa Jon itu. 

Menurut Jon, penyediaan fasilitas sepeda motor sangat membantu kelancaran para wartawan dari luar Sumut meliput pertandingan di sejumlah venue PON. Fasilitas satu unit sepeda motor yang disediakan cukup efektif mempercepat proses penyajian informasi yang akurat dan relevan seputar hasil pertandingan.

“Pemerintah bersama PB PON XXI telah mengajak seluruh wartawan peliput PON agar melakukan verifikasi terhadap setiap informasi terkait pelaksanaan PON,” ujarnya. 

Jurnalis senior asal Kota Malang itu, kebijakan PB PON 2024 Wilayah Sumut dan Diskominfo setempat memfasilitasi insan pers peliput PON merupakan langkah tepat. 

Selain fasilitas sepeda motor, Soeparijono juga memuji keberadaan pusat media utama atau media center PON di Medan yang disediakan khusus untuk insan pers.

Media center yang berlokasi di salah satu hotel bintang empat di pusat Kota Medan itu setidaknya mampu menampung  300 wartawan dan dilengkapi  berbagai fasilitas.

Ruang konferensi pers serta ruang kerja yang dilengkapi dengan meja, kursi, komputer, sambungan internet, Wi-Fi, mesin fotokopi, dan dua layar lebar. Dua layar lebar tersebut menayangkan berbagai pertandingan yang dilaksanakan di sejumlah tempat pertandingan pada 10 kota dan kabupaten di Sumut. 

Sebelumnya, Ketua Bidang Media dan Humas PB PON XXI Aceh-Sumut Wilayah Sumatera Utara, Raja Parlindungan Pane, pihaknya juga menghadirkan dua media center satelit. Hal ini untuk mendukung publikasi informasi terkait ajang PON Aceh-Sumut 2024 di wilayah Sumut. 

"Pihak Kominfo yang ada di Sumatera Utara memberikan fasilitas media center satelit yang ada di Dispora dan Stadion Arena di Deli Serdang," ujarnya. (PB PON XXI SUMUT/ Irma Yuni)