PON 2024

NEWS

Richie dan Zaki Menang, All Jateng Final Berpotensi di Sektor Tunggal Putra

Selasa, 17 September 2024 | 19:05 WIB

POTO BY (PB PON XXI SUMUT/CHRISTOPEL)

PON XXI - MEDAN - Jawa Tengah (Jateng) menempatkan dua wakil pada babak semifinal tunggal putra Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Pada babak perempatfinal yang digelar di GOR PBSI Dispora Sumut, Selasa (17/9/2024), pebulu tangkis Richie Duta Richardo dan Moh Zaki Ubaidillah mengalahkan lawan-lawannya.

Richie menundukkan wakil Aceh M Rafi Zafran lewat laga ketat yang berlangsung 59 menit. Namun, Richie yang merupakan unggulan keempat, secara mengejutkan takluk dengan “skor Afrika” 7-21 di gim pertama.

Kalah telak, Richie, atlet yang bernaung di bawah PB Djarum, berupaya bangkit. Upaya ini tidak mudah. Kemenangan sensasional di set pertama membuat Zafran bermain lebih ngotot. Saling susul-menyusul poin pun terjadi. Setelah kedudukan 8-8, keberhasilan memenangkan rally menjadi momentum bagi Richie untuk menjauh dan menutup interval 11-8.

Setelah jeda, Richie mulai nyaman. Pukulan-pukulan smash-nya yang kencang beberapa kali menghasilkan poin. Richie menang 21-12.

Pada gim penentuan, atmosfer laga telah sepenuhnya bergeser. Selain kepercayaan diri serta ritme dan tempo yang sudah sepenuhnya dikuasai, Richie makin berada di atas angin setelah stamina Zafran melorot jauh. Terlebih, ia sempat pula mendapat perawatan karena cedera.

Meski kemudian dapat melanjutkan pertandingan, kengototan dan semangat Zafran sudah tidak sama lagi. Setelah unggul 11-0 saat interval, Richie menutup pertandingan dengan skor 21-3. “Skor Afrika” di set pertama terbalas.

Keberhasilan Richie diikuti Moh Zaki Ubaidillah. Ubed, sapaannya, juga tidak melewati laga yang mudah melawan Adriel Ferdinand Leonardo dari Jawa Tumur (Jatim). Ia menang rubbet set 21-9, 18-21, 21-10.

Richie dan Ubed berharap mereka dapat memenangkan laga semifinal untuk menciptakan sejarah All Jateng Finals.(PB PON XXI SUMUT/CHRISTOPEL)