PON 2024

NEWS

Bermain Lebih Tenang dan Sabar, Fachri Jaga Asa Jabar

Selasa, 17 September 2024 | 18:58 WIB

Pebulu tangkis tunggal putra Jawa Barat M. Fachri berusaha mengembalikan kok saat bertanding melawan pebulu tangkis Sumatra Barat Muhammad Yusuf pada perempat final bulu tangkis perorangan PON XXI Aceh-Sumut di Gedung Serbaguna Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara (Disporasu), Deli Serdang, Sumatera Utara, Selasa (17/9/2024). PB PON Sumut XXI/Suheri Yanto

PON XXI - Medan - Pebulutangkis Muhammad Fachri Akbar menjaga asa Jawa Barat (Jabar) untuk meraih medali emas pada nomor perorangan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Pada laga perempat final di GOR PBSI Dispora Sumut, Jalan Pancing, Medan, Selasa (17/9/2024), Fachri menekuk satu-satunya wakil Sumatera Barat (Sumbar) yang tersisa, Muhammad Yusuf dengan straight set 21-13, 21-19.

Fachri yang jadi unggulan ketiga tunggal putra bermain apik sejak awal pertandingan. Meski sempat mendapat perlawanan serius, Fachri mampu keluar dari tekanan Yusuf dan melaju 9-6. Mendekati interval, dominasi mulai terlihat. Lambungan bola Yusuf ke garis belakang lapangan ternyata sangat menyulitkan Yusuf. Beberapa kali pengembaliannya tanggung dan disambar Fachri dengan smash keras.

Setelah interval 11-8, Fachri kian dominan. Dia bermain lebih tenang, memperlambat tempo sembari menunggu lawan melakukan error. Bola-bola Yusuf memang berubah kacau. Beberapa kali bolanya melebar, memanjang, atau menyangkut di net. Set pertama ditutup 21-13 setelah pukulan Yusuf untuk kali kesekian keluar lapangan.

Gim kedua berjalan sedikit berbeda. Fachri masih di atas angin tapi tak cukup leluasa lagi, karena Yusuf main menyerang. Bahkan dua poin awal diambil Yusuf, sebelumnya disamakan saat skor 5-5 hingga kemudian 8-8. Fachri memimpin pada interval kedua dengan angka 11-9. Namun, Yusuf bisa mengejar bahkan berbalik unggul saat posisi 15-17. Fachri bangki dan menyamakan kedudukan 18-18 sebelum akhirnya menutup laga dengan kemenangan 21-19.

“Strateginya main sesuai instruksi pelatih saja. Semua berjalan baik. Saya bisa kontrol diri, lebih sabar, gak mau main aneh. Pokoknya, main aman dulu, cari poin. Gak terlalu menyerang,” ucap Fachri usai laga. 

Strategi ini berjalan baik. Terlebih Fachri sudah pernah bertemu lawannya itu saat kualifikasi PON. Di pertemuan keduanya ini, Fachri tetap menang.

"Sebenarnya tadi ada kendala angin dan shuttlecock juga gak seperti biasa. Tapi, saya kan sudah tahu mainnya dia (Yusuf). Jadi lebih tenang," katanya lagi.

Di babak empat besar, Fachri, pemain 20 tahun yang bernaung di PB Mutiara Cardinal Bandung, ini menantang pebulu tangkis Jawa Tengah (Jateng) Moh Zaki Ubaidillah. Fachri bertekad membalas kekalahan saat mereka bertemu di nomor beregu.

“Main fokus aja, gak boleh terbawa permainan lawan. Target saya emas,” katanya.(PB PON XXI SUMUT / CHRISTOPEL)