PON 2024

NEWS

Pelatih Sambo Jabar Senang Bisa Rebut Emas di PON XXI

Selasa, 17 September 2024 | 18:49 WIB

PON BY (PBPON XXI2024/Misno).

PON XXI - LANGKAT. Pelatih atlet cabor sambo kontingen Jawa Barat (Jabar) Yusni Yohan merasa senang setelah atlitnya meraih 2 medali emas pada hari pertama bertanding Senin (16/9) di PON XXI 2024 Aceh-Sumut.

Pada hari kedua pertarungan, Selasa (17/9), Yusni Yohan juga berharap atlitnya bisa kembali lagi merebut 2 medali emas. "Alhamdulillah kita punya dua final dari kelas spot putri kelas 50 kg dan Combed Putra kelas 64 kg yang bertarung pada hari ini, dan Alhamdulillah sekarang menjadi finalis," kata Yusni Yohan di arena pertarungan venue Sambo GOR Langkat.

Menurut Yusni Yohan, harapannya kedua atletnya mendapatkan mendali emas. "Di kelas combat putra 64 kg ada Gugun Gusman yang mempunyai segudang pengalaman bertarung.

Gugun Usman juga sudah pernah memiliki mendali emas pada kualifikasi PON Aceh-Sumut di Bogor. Sedangkan Dedeh Nurhasanah di kelas women 50 kg juga merupakan peraih medali emas pada kualifikasi PON Aceh-Sumut di Bogor," katanya.

Yusni Yohan menyebut, selama 4 hari pertarungan sejak 26 - 19 September 2024, pihaknya mengirimkan 17 atlet, yang semuanya merupakan atlet Sambo terbaik.

Harapan pelatih atlet Sambo Jawa Barat itu, terkait Jabar sudah berhasil menggondol 2 medali emas, lewat Imam Maulana Mutaqin yang bertarung di kelas 53 kg putra, dan Ryan Ramadhan yang menang bertarung di kelas 71 kg putra pada pertarungan hari pertama, Senin.

Selain Jabar, Sumut juga berpeluang meraih medali emas pada pertarungan hari kedua ini. Karena, dari 5 atlit andalan yang ikut bertarung di lima kelas cabor sambo, ada finalis yang diprediksi dapat menambah jumlah perolehan medali emas.

Pelatih cabor Sambo Sumut, Jansa Putra Nainggolan SH menurunkan 5 petarung terbaiknya dikancah pertarungan perebutan medali. "Ada Reymond AD Simanjuntak bertarung di kelas 64 kg putra, ada Edwin Tio Pratama kelas 79 kg putra. Kemudian di kelas Combat 58 kg ada Adi D Manurung, di kelas Combat 64 kg putra kita punya Eperaim Ginting, dan Ayu Wulandari Br T yang akan bertarung di kelas 50 kg women," kata Jansa Patra Nainggolan.

Tansa berharap, dalam pertarungan dihari kedua, bisa menambah pundi-pundi medali emas, setelah perhelatan dihari pertamanya Senin 16 September 2024 kontingen cabor Sambo Sumut berhasil menyabet 2 emas dan 1 perunggu lewan petarung Faizal Iwansyah Lase (peraih emas) di kelas Combat 53 kg Putra, Andry Irwansyah Silaen (peraih emas) dikelas 58 kg putra, dan Putri Prihandini (peraih perunggu) di klas 47 woman. (PBPON XXI2024/Misno).