PON 2024

NEWS

Tumbangkan Thalita, Pebulu Tangkis Jateng Sausan Lolos ke Semifinal

Selasa, 17 September 2024 | 18:31 WIB

Pebulu tangkis Jawa Tengah (Jateng), Sausan Dwi Ramadhani menghentikan langkah pebulu tangkis Jakarta, Thalita Ramadhani Wiryawan, di pertandingan perempat final bulu tangkis perorangan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut.

PON XXI - MEDAN - Pebulu tangkis Jawa Tengah (Jateng), Sausan Dwi Ramadhani menghentikan langkah pebulu tangkis Jakarta, Thalita Ramadhani Wiryawan, di pertandingan perempat final bulu tangkis perorangan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut.

Bermain di GOR PBSI Dispora Sumut, Selasa (17/9/2024), Sausan telah menunjukkan keunggulan sejak awal-awal set pertama. Kejelian dalam mengatur ritme dan tempo, membuat ia mampu mengendalikan pertandingan.

Sausan yang bermain cermat jarang memalukan unforce error. Sebaliknya, lewat lob-lob serang yang tajam ia berkali-kali memaksa Thalita melakukan kesalahan. Set pertama Sausan unggul 21-14.

Di set kedua, Thalita tak mau kecolongan. Ia meningkatkan tempo permainan dan hasilnya mencetak tujuh angka beruntun. Namun Sausan tak mau membiarkan Thalita makin menjauh. Ia kembali meningkatkan intensitas serangan dan mencetak angka beruntun pula.

Kejar-mengejar poin pun terus terjadi, tapi Thalita berhasil lebih dahulu mencapai angka 20. Sausan tak mau menyerah begitu saja. Lewat permainan yang sabar, ia menambah satu demi satu angka dan sukses memaksakan deuce, bahkan kemudian berbalik unggul 21-20.

Sausan sebenarnya hampir menuntaskan pertandingan. Namun satu bola mudah justru gagal menjadi poin. Giliran Thalita yang menyamakan skor 21-21, lantas unggul pula 22-21. 

Ketegangan memuncak. Pada skor 22-22, kedua pebulu tangkis bermain sangat hati-hati. Dalam situasi genting ini, Sausan tampil lebih tenang dan akhirnya menyelesaikan laga 24-22.

Usai pertandingan, Sausan mengatakan dirinya memang mencoba lebih lepas dan tidak terbebani, meski pada dalam beberapa kali pertemuan ia harus menelan kekalahan.

“Makanya aku mainnya tanpa beban, karena namanya main, ya, pasti ada menang dan ada kalah. Tinggal bagaimana kita bersiap menghadapinya,” ujarnya.

Di semifinal Sausan akan menghadapi pebulu tangkis Jawa Timur (Jatim), Azzahra Melani Arjisetya.

Sama Azzahra ini saya memang baru akan bertanding untuk pertama kali. Namun  tidak masalah. Saya sudah mempelajari keunggulan dan kelemahannya” ucap Sausan.

Selain Sausan, Jateng juga menempatkan satu wakil di semifinal nomor tunggal putri Aura Ihza Aulia menekuk pebulu tangkis Riau, Khayfa Adelia Maharani. (PB PON XXI SUMUT/ JULIE)