PON 2024

NEWS

Bersyukur Anak Didiknya Raih Emas, Delfinus Rumahorbo: Mudah-mudahan Motivasi Karateka Sumut Lainnya

Selasa, 17 September 2024 | 16:59 WIB

POTO BY ( PB PON XXI Sumut/Abdul Hakim)

PON XXI - DELISERDANG - Pelatih kepala tim karate PON Sumut, Delfinus Rumahorbo bersyukur, salah satu anak didiknya M Arif Fadhillah mendapatkan medali emas PON XXI Aceh-Sumut 2024  di kelas -84kg. Arif Fadillah mengalahkan karateka asal DKI Jakarta Mohammad Fadillah lewat sanshu, pada Senin (16/09/2024) di Gedung Serbaguna Universitas Negeri Medan (UNIMED).

"Mudah-mudahan, medali emas yang diraih M Arif Fadillah dapat memicu munculnya motivasi karateka Sumut lainnya, untuk dapat meraih medali emas agar bisa mencapai target yang kita emban semula," sebutnya kepada wartawan, pada Selasa (17/09/2024).

Delfinus menambahkan penampilan M Arif Fadillah di partai final kumite -84kg menghadapi karateka DKI Jakarta langganan Pelatnas itu penuh dengan perjuangan berat lewat sanshu.

Senshu berarti atlet yang berhasil mendapatkan poin pertama dalam pertandingan Kumite. Senshu akan berlaku jika kedua atlet mengumpulkan poin yang sama di akhir pertandingan.

Sebelumnya perjuangan Arif sangat berat, karena di babak semifinal M Arif Fadhillah bertemu karateka asal Jawa Barat, Sandi Firmansyah yang merupakan kandidat juara di nomor ini.

"Dalam pertandingan menghadapi karateka asal Jabar di semifinal itu, Arif menunjukkan penampilan yang tanpa beban. Sebab, selama ini Arif dan Sandi sering bertemu di berbagai kejuaraan bergengsi, namun Arif selalu kalah. Tapi, di PON 2024 ini, di event yang paling bergengsi ini Arif dapat mengalahkan Sandi yang memiliki postur tubuh yang lebih besar daripada Arif," ujarnya.

Namun Delfinus Rumahorbo sedikit kecewa satu karateka-nya yakni Daniel yang juga tumpuan medali emas di PON ini hanya bisa mempersembahkan medali perunggu di nomor +84.


"Tapi itulah pertandingan, apa yang diharapkan akan berubah. Namun, kita yakin Arif dan Daniel akan dapat mempersembahkan hasil yang terbaik di nomor kumite beregu. Tapi dari hasil yang kita capai saat ini patut disyukuri, kita meraih satu emas dan dua perak, karena selain Daniel mendapat perunggu di nomor Kata Beregu Putra kita berhasil meraih perunggu. Kita akan terus memotivasi anak anak untuk tampil maksimal, agar target kita tercapai meraih dua emas di PON XXI Aceh-Sumut 2024 ini," pungkasnya. ( PB PON XXI Sumut/Abdul Hakim)