PON 2024

NEWS

Kandaskan Sumbar dengan 19 Poin di Babak Penyisihan Beregu Campuran, Tim Gateball Sumut Optimis Melaju ke Partai Final

Selasa, 17 September 2024 | 14:15 WIB

Atlet Tim Gateball Beregu Campuran Sumatera Utara Iman Sejati Zendrato bersiap memukul bola saat bertanding melawan tim Gateball Beregu Campuran Sumatera Barat pada babak penyisihan Gateball Beregu Campuran PON XXI Aceh-Sumut 2024 di lapangan Pergatsi Sumut, Medan, Selasa, (17/9/2024). PB PON XXI Sumut/Andi S Rambe

PON XXI - MEDAN-Tim Sumatera Utara (Sumut) memenangkan pertandingan melawan Sumatera Barat (Sumbar) dengan selisih keunggulan hingga 19 poin pada kategori Beregu Campuran cabang olahraga (Cabor) Gateball PON XXI, Selasa (17/9/2024).

Bertanding di Lapangan Pergatsi Sumut, Medan, tim Sumut yang diperkuat Iman Sejati, Hisikia Laia dan Andika Maulana, serta Yestilia Dachi, Siti Nabila dan Register Launli, terlihat bermain apik. Bola-bola ditempatkan terarah dan tidak terburu-buru dimasukkan ke gate (gawang kecil).

Bola hanya dimasukkan ke gate pada saat-saat yang dinilai tepat dan perlahan tapi pasti poin mereka terus bertambah. Hasilnya, tim Sumut menyudahi permainan (babak) pertama dengan perolehan skor sebanyak 22 poin, berbanding Sumbar yang hanya delapan poin.

Pada permainan kedua, Sumbar yang diperkuat Wawan Prasetya, Hendra Beni dan Genta Ramadhan, serta Aurellia Khairunnisa, Widya dan Ites Sari, tampil lebih ketat. Mereka lebih berupaya meredam alur bola Sumut dan memukul bola lebih cermat.

Strategi itu tampak cukup membuahkan hasil sehingga pada permainan kedua perolehan poin Sumut lebih kecil. Permainan kedua ditutup dengan skor 14 poin untuk Sumut dan Sumbar mendapat sembilan poin.

Tim wasit kemudian menyatakan Sumut keluar sebagai pemenang dengan keunggulan selisih total skor sebanyak 19 poin. Total skor permainan pertama dan kedua Sumut mencapai 36 poin, sedangkan Sumbar hanya sebesar 17 poin.

Zulkarnain, Manager Tim Gateball Sumut, mengatakan kunci kemenangan timnya adalah kedisplinan dalam menerapkan strategi. Dia optimistis tim Beregu Campuran Sumut mampu menembus babak final, bahkan meraih medali emas, jika hal itu diterapkan secara konsisten.

"Seperti saat memegang bola putih, kita bertahan, dan saat bola merah, kita menyerang," ungkapnya seusai laga.

Optimisme di atas dia lontarkan juga karena melihat kualitas rata-rata para pemain Sumut berada di atas tim-tim yang lain. Pada kategori pertandingan Gateball ini Sumut berada di Pool B bersama Sumbar, Sultra dan Sulsel, sedangkan Pool A dihuni Sulteng, Bali, Aceh dan Jabar. 

Pada laga lain di Pool B, Sultra unggul atas Sulsel dengan selisih total skor sebanyak 12 poin. Untuk pertandingan berikutnya, Sumut akan bertemu Sulsel dan Sumbar menghadapi Sultra. (PBPONXXI/YOSEPH PENCAWAN)