PON 2024

NEWS

Ajang Pembuktian Nella Agustin Meraih Emas Ketiga di PON XXI Aceh-Sumut

Selasa, 17 September 2024 | 11:35 WIB

Sejumlah pelari memacu kecepatan berlarinya pada nomor lari estafet 4x 400 meter putra-putri cabang atletik PON Aceh- Sumut di Stadion Madya Sena, Deli Serdang, Sumatera Utara, Senin (16/9). PB PON XXI/ Rahmad Suryadi

PON XXI - Deli Serdang - Cabang olahraga atletik pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut  memasuki hari keenam. Ada lima medali emas lagi akan diperebutkan besok, Selasa (17/9) dari berbagai nomor yang digelar di Stadion Madya Atletik Sport Center, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Kelima nomor  tersebut adalah lontar martil putra, lompat jangkit putra, estafet 4x400 meter mixed, 3 ribu meter steeplechase putra dan  3 ribu steeplechase putra.

Bagi anda warga Sumatera Utara, salah satu nomor pertandingan yang cukup  menarik untuk disaksikan adalah nomor estafet 4x400 meter mixed. Sumut di nomor ini akan diperkuat empat pelari andalannya yakni Nella Agustin, Siska Simamora, M.Khairuddin dan Ayyub.

Mereka di babak final akan berlaga dengan atlet-atlet dari Nusa Tenggara Barat, Bangka Belitung, Jawa Barat, Aceh, DKI Jakarta dan  Jawa Tengah.

Bagi Nella Agustin yang merupakan kelahiran Serdang Bedagai, nomor 4x400 meter mixed ini adalah ajang pembuktian bagi dirinya. Pasalnya ini bisa menjadi emas ketiga Nella di PON XXI Aceh-Sumut. 

Sebelumnya dara manis ini sudah mempersembahkan dua medali emas untuk Sumatera Utara yang diraihnya melalui nomor lari 200 meter putri dan lari 400 meter gawang putri.

Luar biasanya, dari dua emas yang sukses ia raih tersebut, keduanya juga berhasil menciptakan rekor baru.

Di nomor 400 meter gawang putri yang digelar di Stadion Madya Atletik Sport Center, Deli Serdang,  ia mencatatkan waktu  58,3 detik.

Catatan waktu 58,3 detik yang diraih Nella Agustin tersebut sekaligus memecahkan dua rekor yakni rekor senior atau nasional dan rekor PON.

Rekor nasional sebelumnya diciptakan oleh Viera Hetari dari Maluku dengan catatan waktu 59,64 detik pada tahun 2011. 

Sementara rekor PON sebelumnya atas nama Maryati dari Nusa Tenggara Barat (NTB) yang tercipta pada PON tahun 2012 di Riau dengan waktu 60,31 detik 

Nella Agustin sendiri mengaku tidak menduga bisa memecahkan dua rekor sekaligus di nomor 400 meter gawang putri tersebut. Mengingat ia sebelumnya tak memikirkan soal rekor, yang penting baginya bisa mempersembahkan medali emas untuk Sumatera Utara.

"Alhamdulillah kembali bisa menyumbangkan emas untuk Sumatera Utara. Terimakasih kepada pelatih dan pengurus PASI dan KONI yang selama ini telah memberikan dukungan kepada saya," katanya.

Sebelumnya pada Jumat (13/9) di nomor 200 meter putri, Nella Agustin juga berhasil meraih medali emas dengan catatan waktu 23,61 detik sekaligus memecahkan rekornas atas namanya sendiri dengan waktu 23.63 detik.

Selain itu catatan waktu tersebut juga memecahkan rekor PON yang sebelumnya diciptakan Irene Truitje Joseph (Maluku) di PON tahun 2000 Jawa Timur dengan catatan waktu 23.98 detik.

Emas ketiga bukanlah hal yang mustahil digenggam. Persiapan yang sudah jauh-jauh hari dilakukan akan dibuktikan disini. Stadion Madya Atletik akan menjadi saksi bisu kesuksesan Nella. (PB PON XXI SUMUT/JT)