PON 2024

NEWS

Lapangan untuk Pertandingan Cricket PON 2024 Standar

Senin, 2 September 2024 | 16:11 WIB

-

PON XXI - Lubukpakam – Lapangan Kembar Kompleks Pemkab Deli Serdang perdana digunakan sebagai lapangan cabang olahraga kriket. Namun demikian lapangan tersebut sudah dikatakan standar.

Hal tersebut disampaikan Bidang pertandingan PB PON, Sony B Haowe di sela-sela pertandingan cricket putri yang dimenangkan tim DKI versus Jabar dengan nilai 67/3 dan 54/3, Senin (2/9).

Sony mengatakan, persiapan yang dilakukan PB PON terhadap lapangan cabor cricket tidak begitu berat mengingat sudah ada dan hanya tinggal pembenahan saja dengan penimbunan pasir disana-sini.

"Artinya tidak ada masalah dengan lapangan. Buktinya saja pertandingan sudah berjalan dengan baik," ucapnya serius.

Lapangan kriket dalam ruangan minimal berukuran 28 meter panjang dan 10,5 meter lebar, serta tidak lebih dari 30 meter panjang dan 12 meter lebar.

Sementara itu lapangan kriket juga memiliki bagian bagian nya yaitu, lingkaran fielding yang digambarkan dengan setengah lingkaran beradius 30 yard dari pusat setiap gawang. Serta infield yang didefinisikan oleh lingkaran beradius 15 yard, berpusat di penjaga tunggul tengah.

Kemudian menurut Sony, memang ada sedikit kendala yaitu, soal rumput yang tumbuhnya tidak merata dan harus adanya pemangkasan agar tidak mengganggu lancarnya jalan bola setelah dipukul.

Sedangkan Technical Deleget DR Albert W. Aridan Tangkudung mengatakan, semua sudah bisa diatasi dengan baik walau pengerjaan secara serius dilakukan H-2 sebelum laga dimulai.

"Menurut saya, ini pelaksanaan PON XXI/2024 yang sangat luar biasa, sebab dalam tiga hari ini tidak ada hujan sehingga persiapan dapat dilaksanakan," katanya.

Dan dari pantauan di lapangan, dari seluruh tim yang bertanding baik putra dan putri, tak menemukan kendala sama sekali.

Cabang olahraga kriket ini merupakan sebuah olahraga tim yang dimainkan antara dua kelompok yang masing masing terdiri dari sebelas orang. Kriket ini berasal dari Inggris.  

Pada pertandingan PON XXI Aceh Sumut ini, cabang olahraga cricket pada hari ini mempertandingkan 7 laga dalam dua grup dalam kelas super sixes men dan super sixes women.