PON 2024

NEWS

Kisah Eka Jaga Kesehatan Atlet DKI

Selasa, 17 September 2024 | 11:21 WIB

Kisah Eka Jaga Kesehatan Atlet DKI. PB PON XXI SUMUT/Yunan

PON XXI - DELISERDANG - Sejak Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX Tahun 2021, Eka (27) sudah mendampingi tim atlet Daerah Khusus Ibukota (DKI). Ia menjaga kesehatan atlet.

"Saya di Tim kesehatan DKI Sport Recovery Indonesia," katanya saat dijumpai di ruang kesehatan venue voli indoor sport center Sumut, Senin (16/9/2024). Ia sendiri, sudah bertugas di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DKI 4 tahun lalu sebelum PON Papua.

Ia sudah seminggu lebih mengikuti tim DKI di PON XXI Aceh-Sumut 2024 ini. Tugasnya selain mengecek kesehatan atlet, juga memberikan vitamin serta memberikan gel kepada atlet yang membutuhkan.

"Kita juga ada dokter yang melakukan visit ke atlet di penginapan asrama haji, kalau ada atlet yang demam dan batuk. Demam atau batuk dialami atlet karena kondisi cuaca," ujarnya.

Tidak hanya itu, ibu satu anak ini juga menyarankan kepada atlet untuk tetap menjaga kondisi kesehatan, menjaga makanan. Meski begitu, atlet diperbolehkan 

membeli makanan dari luar. Namun, tetap dijaga dan tidak sembarangan membeli.

Dikatakannya, makanan yang baik kepada atlet adalah yang berprotein seperti telur, ayam dan ikan. Mereka juga membawa obat obatan,  dan vitamin serta krem yang dibutuhkan atlet.

Saat ditanyakan mengenai keluhan yang dialami atlet saat bertanding, Eka bilang kram otot.

"Sejauh ini aman aman aja," tutupnya. (PB PON XXI SUMUT/Yunan)