PON 2024

NEWS

Aceh Raih Emas Di Nomor Modifikasi Beregu Grasstrack PON 2024

Selasa, 17 September 2024 | 11:08 WIB

Pembalap dari Aceh (depan) dan DKI Jakarta, melakukan jumping bersamaan pada saat menjalani time practice kelas standar perorangan Cabor Grass track PON XXI Aceh Sumut 2024, yang di adakan di sirkuit GTX Sena Kuala Namu, Sumatera Utara, Senin (16/9/2024). PB. PON XXI SUMUT / M. Zulfan Dalimunthe

PON XXI - DELISERDANG— Kontingen Aceh, berhasil meraih Medali Emas pada Nomor Modifikasi Beregu Cabang Olahraga (Cabor) Grasstrack di PON XXI 2024 yang berlangsung di Sirkuit GTX Sena Kualanamu, Kompleks Sumut Sport Center, Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Senin (16/9/2024).

Tim Aceh tampil gemilang dengan performa impresif dari para pembalapnya, terutama Lanthian, yang berhasil finish di posisi pertama dengan total 8 poin dalam perlombaan Point Race. 

Penampilan cemerlang Lanthian menjadi kunci keberhasilan tim, yang juga mendapat tambahan poin dari Muhammad Asel yang menempati posisi ketujuh dengan 7 poin. 

Dengan perolehan tersebut, Aceh memastikan diri sebagai juara di nomor itu.

Di posisi kedua, Tim Banten mengumpulkan total 10 poin. 

Crosser Jepri Bule tampil konsisten dengan finish di urutan kedua, sementara rekannya, Deden Ardiansyah, menempati posisi kedelapan, memberikan kontribusi signifikan untuk timnya.

Jawa Barat, melalui pembalap Prima Julio Sudrajat, finish di posisi ketiga. 

Meski rekan satu timnya, Ardi Heriadi Nugraha, hanya menempati posisi ke-11, Tim Jawa Barat tetap mampu mengamankan posisi ketiga di klasemen akhir dengan total 14 poin.

Persaingan sengit juga datang dari Jawa Tengah dan DI Yogyakarta yang masing-masing mengumpulkan 15 dan 16 poin, meski mereka belum berhasil menembus dominasi tim-tim teratas. 

Sementara itu, Bali dan Sumatera Utara (Sumut) harus puas berada di posisi tengah klasemen. 

Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Tengah mengalami kesulitan dengan perolehan poin yang lebih rendah. 

Di sisi lain, Papua mengalami nasib buruk, dimana dua pembalapnya gagal menyelesaikan balapan, membuat mereka tidak mendapatkan poin.

Lanthian, pembalap Aceh, mengungkapkan rasa syukurnya setelah berhasil membawa timnya meraih Emas. 

"Alhamdulillah, sangat bersyukur bisa mendapatkan Emas di nomor ini. Persiapan memang cukup berat, bahkan sebelum pertandingan, saya sempat kurang sehat. Namun, doa dan dukungan dari keluarga, terutama istri dan anak, menjadi kunci kemenangan saya," ujarnya.

Aceh sendiri berhasil mengamankan dua medali pada Cabor Bermotor Grasstrack PON XXI kali ini.

Satu Medali Perak diperoleh Lanthian dari Nomor Modifikasi Perorangan dan Emas di Nomor Modifikasi Beregu.(PB PON XXI 2024 SUMUT/Novriandy)