PON 2024

NEWS

Pertandingan Gulat dimulai, 5 Petarung Sumut Berebut Medali Emas

Senin, 16 September 2024 | 23:57 WIB

Pegulat putra Sumut Dodi Haryansyah Caniago (merah) menahan bantingan dari pegulat Jabar Saiful (biru) saat bertanding pada Gulat Gaya Bebas kelas 74 Kg Putra PON XXI Aceh-Sumut di GOR Binjai, Sumatera Utara, Senin (16/9/2024). PON XXI SUMUT/RISKY CAHYADI

PON XXI - BINJAI - Lima orang atlet Gulat asal Sumatera Utara bertarung memperebutkan Medali Emas di Pertandingan Cabang Olahraga  (Cabor) Gulat yang dimulai Senin (16/9/2024) di Gedung Olahraga Nasional (GOR) Binjai. 

Pertandingan  Cabor Gulat pada PON XXI Aceh - Sumut 2024 digelar di Gedung Olahraga (GOR) Binjai Senin-Kamis (16-19 September 2024).

Pelatih Sumut, Jan Bobby Barus di Blnjai, Minggu, mengatakan, di hari pertama pertandingan, petarung asal Sumut yang bertanding ada lima atlet. 

Masing - masing dengan kelas 50 kilogram (kg), 57 kg, 74 kg, 97 kg dan 125 kg.

Bobby mengatakan, untuk kelas 57 kg pihaknya menurunkan Pegulat Libra Parklindo Sembiring yang berhadapan dengan Syabri asal Sumatera Barat (Sumbar). 

Pada kelas 74 kg, Tim Sumut menurunkan Dodi H Chaniago yang berada di partai pertama dan berhadapan dengan atlet asal Aceh.

Adapun di Kelas 97 kg, Tim Sumut menurunkan Junaldi Pratama Sembiring berhadapan dengan Anggi asal Kalimantan Timur (Kaltim). 

Kemudian di Kelas 125 kg Gaya Bebas ada Barnabas Simamora yang diandalkan untuk bertarung melawan Dimas asal Jawa Timur (Jatim).

Sementara di Partai Kelas 50 kg Gaya Bebas di Kelas Putri, diturunkan Dewi Sartika Nasution. 

Dewi Sartika Nasution akan bertarung dengan atlet yang lolos babak penyisihan dari pertandingan antara Lampung dan Jambi. 

Pertandingan Gulat hari pertama, Minggu diawali dengan penjelasan secara singkat (briefing) dari para pelatih kepada atlet. 

Tampak ada beberapa orang tua atlet yang ikut dalam pertemuan tersebut.

Pelatih lainnya, Mangasih Simangunsong yang hadir saat "briefing" meminta seluruh atlet yang bertanding untuk semangat dan fokus.

“Habiskan dan bawa ke rumah mu bonus itu. Kami hanya mendukung kecil, eksekusi adalah kalian,” ujar pelatih ke seluruh pegulat asal Sumut yang bertarung di hari pertama.

Kalian (atlet), katanya, harus semangat dan dapat medali.

"Habiskan semua (medali) supaya capek dan usaha kita hasilnya ada. Silahkan saling mendukung,” ujarnya dan disambut ucapan " Siap" dengan suara lantang dari para atlet Gulat Sumut itu. 

Suasana haru juga mewarnai momen briefing itu karena sejumlah orangtua atlet yang hadir menangis haru melihat dan melepas anak - anaknya untuk bertanding. (PB PON XXI 2024 SUMUT/Ahyuni)